olahraga bagi penderita diabetes

3 Jenis Olahraga Bagi Penderita Diabetes

Diposting pada

Tentu saja olahraga bagi penderita diabetes akan memberikan manfaat yang sangat baik. Selain melatih kesegaran tubuh, olahraga yang dilakukan seperti ini juga akan menstabilkan tekanan gula darah dalam tubuh Anda. Namun, anda harus mempertimbangkan beberapa pilihan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dan menghindari cedera serius akibat olahraga yang terlalu berlebihan. Beberapa pilihan olahraga seperti ini juga akan membutuhkan waktu terbaik. Pengendalian gula darah yang baik juga akan memberikan pengaruh pada kondisi organ tubuh Anda. Berikut ini beberapa pilihan olahraga bagi penderita diabetes yang bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti:

olahraga bagi penderita diabetes

Melatih tulang dan jantung dengan aerobik

Aerobik merupakan salah satu dari pilihan olahraga bagi penderita diabetes. Anda bisa melakukan aerobik secara rutin dengan atau tanpa bantuan orang lain. Beberapa ahli kesehatan mengungkapkan bahwa aerobik memberikan manfaat untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dengan sangat baik. Selain itu, Aerobik akan memudahkan penurunan resiko para penderita diabetes yang mengalami permasalah jantung dan menghindari stroke akibat kadar gula tinggi. Cara mudah untuk menerapkan aerobik seperti ini biasanya dengan menerapkan waktu latihan selama kurang lebih setengah jam setiap hari dalam seminggu. Untuk memulai aerobik seperti ini sebaiknya dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama seperti 5-10 menit. Beberapa latihan aerobik yang mudah anda lakukan dengan jalan cepat, berenang, atau mengikuti latihan aerobik khusus yang diterapkan instruktur.

 

Jogging akan mengatur jumlah kadar gula

Pilihan lain pada olahraga bagi penderita diabetes biasanya dilakukan dengan jogging. Jogging seperti ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun, disarankan untuk menerapkan jogging di tempat yang memiliki akses baik dan aliran udara yang cukup bersih. Untuk memulai jogging seperti ini dilakukan dengan peregangan seluruh otot tubuh. Jarak jogging bagi penderita diabetes tidak harus jauh dan terlalu lama. Cukup lakukan olahraga seperti ini secara rutin dengan dukungan kondisi tubuh yang sangat baik. Jogging bisa dilakukan selama 15-20 menit setiap hari. Namun, bila waktu ini terlalu lama sebaiknya cukup lakukan selama 10 menit. Hal penting yang harus anda pertimbangkan adalah jangan mengkonsumsi air minum secara langsung saat anda selesai jogging.

 

Berenang untuk menggerakkan seluruh bagian tubuh

Anda bisa menjadikan renang sebagai pilihan penting dari olahraga bagi penderita diabetes. Apalagi olahraga seperti ini dianggap akan memberikan kemudahan bagi seluruh tubuh untuk bergerak baik, termasuk rambut. Namun, penderita diabetes yang memiliki usia diatas 40 tahun sebaiknya menerapkan olahraga renang dengan bantuan orang lain atau instruktur. Renang juga bisa melatih jantung dan sistem pernapasan secara lebih baik. Sebaiknya anda menerapkan latihan renang ini secara rutin dalam jangan waktu 10-15 menit setiap hari.

Incoming search terms:

  • cara melatih renang penderita diabet
  • pilihan olahraga untuk pasien DM
  • olahraga yang baik untuk diabetes
  • Olahraga vs Diabetes
  • olahraga sederhana untuk penderita diabetes
  • Olah raga untuk pend diabit danjantung
  • mengapa orang penderita diabetes butuh olahraga
  • manfaat olahraga joging bagi penderita dia betes
  • manfaat joging bagi diabetes
  • Jogging untuk penderita diabetes
  • jenis olahraga untuk diabetes
  • renang untuk diabetes