3 Tips Olahraga Yoga Bagi Pemula Untuk Kesehatan Jiwa dan Mengurangi Stres

Diposting pada

Rutin melakukan olahraga yoga penting sekali di saat banyak sekali beban dipikiran. Saat senggang dari jadwal kerja yang padat atau berada di masa liburan, terkadang kita malah disibukkan dengan berbagai macam tekanan. Padahal waktu berharga seperti itu, seharusnya menjadi saat-saat menyenangkan dan tak terlupakan. Bayangkan saja betapa menyenangkannya waktu liburan Anda itu. Anda bisa bermain dengan putra-putri Anda atau berlibur dan bersilaturahmi mengunjungi teman/keluarga jauh atau bahkan memanjakan diri dengan menikmati waktu bebas Anda.

Namun, liburan juga tidak selalu menyenangkan. Terkadang membutuhkan banyak energi fisik dan juga mental untuk menangani masalah. Contohnya seperti memasak ataupun menghibur anggota keluarga. Atau bahkan adakalanya menjadi tuan ruamh yang penuh dengan keluarga besar.

manfaat yoga

Bagi sebagian orang, musim liburan juga dapat memicu kesedihan yang serius, banyak dari mereka yang menderita kelelahan musiman, sensitif pada hari yang lebih pendek dan lebih gelap. Atau jika Anda baru saja putus dari kekasih Anda, mungkin Anda akan merasa sangat sulit untuk mendapatkan semangat hari libur yang seharusnya bisa menghindarkan Anda dari tekanan dan juga stres.

Jadi bagaimana cara untuk menghilangkan stres yang berlebihan? Cobalah melakukan 3 gerakan yoga sederhana ini. Untuk merevitalisasi tubuh dan pikiran Anda sambil menenangkan saraf yang tegang. Jadi mari simak 3 tips olahraga yoga berikut ini.

Lakukan Peregangan Untuk Menghilangkan Stress

Jika Tubuh merasa letih, cobalah meregangkan tubuh selama beberapa saat untuk memunculkan perasaan tenang dan percaya diri. Sebuah studi Harvard tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang membiarkan postur tubuhnya dalam posisi terbuka selama dua menit dapat menurunkan kortisol (hormon utama penyebab stres) dan meningkatkan testosteron (hormon penyebab rasa percaya diri)

Sambil berdiri, angkat lengan keatas kepala dan kemudian ambil nafas panjang dalam-dalam sebanyak lima kali. Kemudian tarik nafas dan raih pergelangan tangan kiri Anda menggunakan tangan kanan melalui atas kepala lalu tekuk kekiri tubuh Anda dan hembuskan nafas, lalu tarik nafas Anda ketika kembali keposisi tegak dan angkat tangan Anda, ulangi pada tangan satunya.

Lakukan Pelemasan Pada Kaki Anda

Berbaringlah terlentang di lantai, lalu letakkan kaki Anda di atas bantal atau naikkan ke atas kursi atau juga bisa luruskan kaki Anda di dinding selama 30 sampai 60 detik. Gerakan ini akan menghilangkan tekanan pada kaki yang lelah, memperbaiki sirkulasi aliran darah dan mengurangi resiko pembengkaktan.

Bernafaslah Dengan Santai

Pertama, hembuskan nafas Anda seperti ketika Anda merasa lega. Tarik nafas melalui hidung dan keluarkan lewat mulut Anda. Dan pastikan tulang rusuk Anda juga bergerak kebawah ketika Anda menghembuskan nafas secara penuh sebagai tanda bahwa Anda tidak menahan gerakan laju pernafasan Anda. Ulangi sebanyak lima kali atau lebih.

Begitulah 3 tips gerakan melakukan yoga yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi beban stres yang menumpuk. Bahkan Jika Anda pemula atau belum pernah sama sekali mencobanya di rumah atau pemula, Anda masih bisa belajar banyak dari gerakan yoga yang menenangkan. Coba lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat lebih seperti misalnya meningkatkan konsentrasi dan fokus serta kestabilan pikiran. Selamat mencoba!