4 Jenis Makanan dan Minuman Yang Bisa Mengurangi Tingkat Stres  

Diposting pada

 

Didalam lingkungan masyarakat perkotaan modern, sering muncul sejumlah tekanan besar bagi kehidupan mereka sehingga menimbulkan stres atau depresi. Tekanan bisa datang dari segala aspek seperti pekerjaan, sekolah, masalah kehidupan dan juga lingkungan sekitar. Jika dibiarkan, Hal ini bisa menimbulkan stres atau depresi yang berlebihan dan terus-menerus bagi sebagian orang. Stres bukan hanya masalah tekanan mental saja, jika kondisi stres seseorang sangat serius bisa menyebabkan banyak penyakit serta membawa lebih banyak kerusakan pada tubuh Anda.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menurunkan tingkat stres Anda, diantaranya adalah:

Makanan dan Minuman Mengurangi Stres  

  1. Makanan Polisakarida

Pada dasarnya, polisakarida merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat yang berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Contoh makanan polisakarida adalah nasi, gandum, melon serta sayuran segar  lainnya. Makanan jenis ini berperan penting dalam mengurangi tingkat stres pada tubuh.

  1. Makanan Yang Rendah Lemak

Minyak ikan memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang memiliki efek kesehatan terhadap berbagai macam penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, kanker gastrointestinal, psoriasis dan juga rheumatoid arthritis. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memperbanyak asupan minyak ikan dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

  1. Makanan Yang Mengandung Vitamin Dan Mineral

Vitamin A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B6, B12 , karoten, asam folat adalah bahan yang diperlukan untuk  semua proses biokimia dalam tubuh manusia. Zat mineral seperti kalsium, magnesium, selenium dan seng juga sangat bermanfaat untuk mengurangi stres. Bagi wanita, mereka harus mengkonsumsi lebih banyak kalsium, fosfor dan zat besi sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis serta mencegah stres setelah masa menopause.

  1. Air

Lebih dari 80% tubuh manusia terdiri dari air. Air merupakan sumber utama kehidupan manusia. Jika anda menginginkan tubuh yang sehat dan memiliki suasana hati yang baik maka Anda harus meminum lebih banyak air setiap harinya agar bisa meningkatkan ekskresi atau proses pembuangan limbah dalam tubuh. Sehingga tubuh dan pikiran Anda bisa menjadi lebih segar yang selanjutnya dapat mengurangi emosi dan tekanan/stres pada diri Anda.

Segala sesuatu yang Anda konsumsi tidak hanya sebatas mempengaruhi kesehatan tubuh Anda saja, tetapi lebih jauh lagi akan berpengaruh pada suasana hati Anda. Sehingga Anda harus lebih selektif untuk mengkonsumsi makanan agar bisa meminimalisir tingkat stres dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Memakan makanan yang mengandung banyak asupan gula bisa merusak suasana hati dan akhirnya meningkatkan resiko stres. Jadi Anda disarankan sebisa mungkin untuk menghindari mengkonsumsi makanan jenis ini. Oleh karena itu ada baiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah disebutkan diatas. Dan yang terakhir, dengan menjaga pola makan sehat akan sangat membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan kehidupan bersosial Anda.