4 Tips Mengatur Pola Makan Lengkap Bagi Para Penggemar Lari Pagi

Diposting pada

Olahraga lari pagi merupakan jenis olahraga yang murah meriah serta mudah untuk dilakukan. Bagi para penggemar lari terutama para pelari ketahanan jarak jauh, sebaiknya Anda memperhatikan asupan nutrisi harian Anda agar tubuh Anda tetap sehat dan kuat.

Berikut ini kami sajikan tips untuk mendapatkan asupan nutrisi harian yang ideal dan menyehatkan bagi para penggemar olahraga lari, khususnya para pelari jarak jauh. Mengkonsumsi makanan nabati yang mengandung banyak kandungan fitonutrien, vitamin, dan mineral mampu mempercepat masa pemulihan dan meningkatkan kinerja tubuh Anda.

Mengatur Pola Makan Lari Pagi

Sarapan Pagi

Ketika Anda makan di pagi hari, mengkonsumsi roti gandum atau oatmeal dapat memberikan asupan karbohidrat kompleks bagi tubuh yang mampu memasok sumber energi bagi tubuh sepanjang hari. Selain itu mengkonsumsi buah apel segar, kacang kenari dan juga buah beri seperti bluberi maupun rasberi memberikan Anda asupan fitonutrien, polifenol, vitamin, dan juga mineral bagi tubuh. Buah beri mampu memberikan khasiat anti-inflamasi yang dapat mencegah luka atau rasa sakit saat beraktivitas.

Sementara itu, buah apel menawarkan kandungan serat yang bisa menunda rasa lapar Anda. Buah kenari berkhasiat untuk mengurangi peradangan atau inflamasi.

Ngemil Sebelum Waktu Makan Siang

Sebelum waktu makan siang tiba atau setelah Anda melakukan olahraga saatnya Anda mengkonsumsi smoothie. Smoothie adalah minuman yang berasal dari sayur-sayuran   berdaun hijau dan juga buah-buahan seperti pisang maupun buah beri serta bisa ditambah dengan susu dan bahan yang lain. Hal ini dapat menyegarkan tubuh Anda serta mempercepat pemulihan tenaga setelah Anda berlari jauh. Ini mungkin bukan kebiasaan orang asli Indonesia. Tapi cukup bermanfaat untuk mendapatkan asupan nutrisi lengkap dengan cara mudah. Jika Anda tidak menyukai smoothie, Anda bisa menggantinya dengan jus atau salad.

Makan Siang

Makan siang tepat waktu dengan menu yang mengandung sayuran berdaun hijau serta kacang polong mampu memberikan nutrisi pada tubuh Anda secara tepat. Akan lebih baik lagi apabila sayuran tersebut dimakan dalam kondisi mentah. Sayuran berdaun hijau dikenal memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit diabetes, Alzheimer, penyakit jantung, dan beberapa jenis penyakit kanker. Dengan memiliki jantung yang kuat dan sehat mampu membuat Anda untuk berlari semakin cepat dan semakin jauh.

Makan Malam

Untuk menu makan malam, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang terdiri dari kacang-kacangan, biji-bijian dan berbagai sayuran panggang atau sayuran yang dioseng. Selain itu jangan lupa untuk makan nasi, serta makanan yang kaya akan nutrisi seperti kacang polong.

Usahakan jangan tidur terlalu larut malam, karena biasanya Anda akan merasa masih mengantuk dan malas untuk melakukan olahraga di pagi hari. Selain pola makan seperti yang disebutkan di atas, apabila Anda merupakan pelari yang sangat intens, jangan segan-segan untuk berkunjung ke dokter ahli kesehatan secara rutin agar Anda mendapatkan saran yang tepat tentang kondisi tubuh Anda.