7 Manfaat dan Khasiat Minum Jus Daun Seledri Untuk Kesehatan

Diposting pada

Minuman jus adalah minuman yang nikmat dan menyegarkan, kebanyakan orang menyukai jenis jus buah seperti jus jeruk, jambu, melon dan sebagainya. Tetapi tahukah Anda? mengkonsumsi jus sayuran memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Banyak jenis sayuran yang bisa diolah menjadi minuman jus. Kali ini kita akan membahas tentang khasiat jus seledri dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Jus seledri memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Inilah 7 alasan kenapa Anda harus mengkonsumsi jus seledri.

Manfaat dan Khasiat Jus Daun Seledri

  1. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Nutrisi yang terkandung dalam jus seledri seperti phthalide dan coumarins mampu melemaskan otot-otot halus di dalam pembuluh darah Anda serta membantu mengurangi efek hormon penyebab stres seperti kortisol sehingga mampu mengurangi tekanan darah tinggi.

  1. Dapat Mengurangi Peradangan

Penyakit inflamasi seperti arthritis, osteoporosis, asam urat,dan juga asma dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi jus seledri. Hal ini dikarenakan seledri memiliki kandungan luteloin serta polyacetylenes yang ampuh mengobati peradangan.

  1. Mampu Melawan Kanker

Seledri mengandung antioksidan serta senyawa anti kanker seperti flavanol, asam fenolik dan furanocoumarins serta apigenin dan juga flavonoid. Zat-zat tersebut terbukti sangat ampuh melawan kanker pada tubuh Anda.

  1. Detoksifikasi

Jus seledri adalah pembersih racun dalam tubuh serta merupakan detoksifikasi yang hebat untuk tubuh Anda.

  1. Pemulih Stamina

Setelah berolahraga serta setelah menghadapi rutinitas yang sangat padat, tubuh Anda biasanya akan mengalami dehidrasi dan rendahnya elektrolit yang membuat tubuh Anda menjadi letih. Mengkonsumsi jus seledri mampu memulihkan stamina Anda.

  1. Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

Jus seledri memiliki kandungan magnesium yang cukup. Jika tubuh kekurangan magnesium dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk sulit tidur. Dengan mengkonsumsi jus seledri setiap hari, maka kualitas tidur Anda akan semakin membaik.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Seledri mengandung berbagai berbagai unsur nutrisi untuk meningkatkan kekebalan kulit Anda. Vitamin K, A , B dan C yang terkandung dalam seledri mampu merawat kulit serta menjaga elastisitas kulit Anda sehingga tidak terlihat keriput.

Untuk membuat jus seledri dirumah, caranya sangat mudah. Pilih seledri segar yang siap konsumsi, biasanya memiliki ciri-ciri batang daun seledri lurus dan memiliki warna hijau tua. Sebelum membuat jus dari batang seleledri, rendamlah di dalam air hangat serta campur dengan cuka sari apel, kemudian bersihkan dan kemudian blender hingga menjadi jus seledri yang siap untuk disajikan.

Ada baiknya membuat jus seledri tanpa tambahan gula untuk menghindari bertambahnya kolesterol. Tetapi jika Anda menginginkan jus seledri dengan rasa yang manis, tambahkan gula secukupnya saja atau bisa menambahkan gula rendah kalori yang banyak dijual di pasaran. Atau Anda juga bisa menggunakan madu dan daun stevia untuk mendapatkan manfaat ganda yakni rendah kalori dan rasa manis. Semoga bermanfaat.

 

Loading...