Anak Mengalami Obesitas, Inilah Penyebabnya

Diposting pada

Obesitas atau kegemukan adalah kondisi yang tidak baik pada kesehatan, bahkan pada kasus tertentu bisa sangat berbahaya. Obesitas bisa menyerang orang dewasa, maupun anak-anak. Obesitas yang menyerang anak-anak bisa dikatakan lebih berbahaya, karena berat badan ini dapat memperburuk kondisi kesehatannya di masa depan.

Pengendalian berat badan sangat diharuskan, karena berat badan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai penyakit. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh obesitas ini bisa beragam dan cenderung berbahaya. Beberapa di antaranya adalah penyakit diabetes dan gangguan jantung. Kedua penyakit ini mempunyai risiko kematian yang sangat tinggi.

Pada tulisan kali ini, admin akan berfokus pada obesitas yang terjadi pada anak-anak. Hal ini karena obesitas anak-anak dapat memicu berbagai penyakit berbahaya di masa depan, saat anak tersebut sudah dewasa.

obesitas pada anak

Penyebab Obesitas Pada Anak

Obesitas pada anak cenderung diakibatkan oleh gaya hidup anak tersebut yang kurang baik. Pola makan yang terlalu buruk dapat menyebabkan kegemukan dalam jangka panjang. Inilah beberapa penyebab obesitas pada anak, secara lebih lengkap :

  • Pola Makan Yang Buruk
    Pola makan harus terjaga dengan baik, baik waktunya maupun komposisinya. Pastikan waktu makan teratur dan hindari makan pada waktu yang tidak seharusnya. Selain itu, perhatikan juga nutrisi yang dikandung oleh makanan tersebut. Apakah makanan tersebut mengandung gizi yang baik atau malah sampah yang tidak berguna. Jenis makanan yang dipilih tidak boleh berdasarkan rasa enak.
  • Makanan dan Minuman Instan
    Bahan konsumsi yang sifatnya instan memang kurang baik, apalagi untuk anak-anak. Pada usia anak, konsumsi mie instan merupakan sebuah hal yang biasa. Anak-anak sangat gemar sekali untuk menikmati mie instan, karena rasanya yang begitu lezat. Jika hal ini dibiasakan, maka dapat menyebabkan kegemukan pada anak-anak.
  • Kebiasaan Ngemil
    Ngemil memang sangat disukai oleh banyak orang, baik itu dewasa maupun anak-anak. Anak-anak harus diberikan batasan dalam mengemil. Jika memang ia ingin mengemil, berikan cemilan sehat, seperti buah-buahan segar.
  • Obat Tertentu
    Obat-obatan sangatlah tidak baik, apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Obat tersebut dapat menyebabkan berbagai macam kondisi medis, termasuk kegemukan. Salah satu jenis obat yang secara langsung dapat menyebakan kegemukan adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan psikologis.
  • Depresi
    Depresi memang tidak banyak diderita oleh anak-anak. Seorang anak biasanya ceria dan bermain tanpa beban, dengan teman-teman seusianya. Namun, jika kondisi depresi dialami oleh si anak, maka hal ini dapat menyebabkan kegemukan. Untuk itu, segera lakukan penangan dengan cepat dan tepat, sehingga depresinya bisa segera diatasi dengan baik.
  • Kurang Gerak
    Olahraga merupakan kebutuhan tubuh, baik untuk dewasa, maupun untuk anak-anak. Dengan olahraga yang teratur dan terstruktur dengan baik, maka lemak di dalam tubuh akan terbakar. Selain itu, metabolisme juga akan semakin lancar. Akibatnya, seseorang yang bergerak secara cukup akan mempunyai tubuh yang sehat dan ideal.
  • Genetik
    Genetik merupakan hal yang tidak bisa ditolak oleh siapapun. Seorang anak yang mempunyai genetika berbadan gemuk, maka lebih cenderung mudah untuk menjadi gemuk. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk obesitas. Kegemukan bisa dihindari dengan menjaga pola hidup sehat, walaupun ia memiliki genetik kegemukan.

Itulah beberapa penjelasan tentang obesitas yang dialami oleh anak-anak. Banyak orang tua yang bangga anaknya gemuk, mereka berpikir bahwa hal itu sehat. Faktanya, kegemukan merupakan salah satu hal yang menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

 

Incoming search terms:

  • obat obatan yg dapat menyebabkan anak obesitas