Apa itu Penyakit Glaukoma, Apa saja Faktor Resikonya dan Penyebabnya ?

Diposting pada
jenis glaukoma yang sering terjadi
jenis glaukoma yang sering terjadi

Penyakit Glaukoma merupakan salah satu jenis penyakit mata yang dapat menyebabkan kerusakan sistem saraf optik sehingga fungsi mata perlahan-lahan akan menghilang atau tidak dapat melihat secara total. Salah satu jenis glaukoma yang paling sering dialami oleh beberapa orang yaitu :

  • Jenis glaukoma sudut terbuka = Glaukoma sudut terbuka ini umumnya akan berkembang secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama dan penderita tidak akan merasakan sakit hingga pada akhirnya fungsi penglihatan akan menghilang. jenis glaukoma ini jika tidak segera di obati akan mengakibatkan kebutaan secara permanen.
  • Jenis glaukoma sudut tertutup = jenis glaukoma ini sangat jarang terjadi biasanya gejala awal bisa seperti mata terasa perih, merasakan penglihatan menjadi kabur, dan ciri fisik lainnya yaitu pupil mata menjadi besar, sering merasakan mual. sifat dari penyakit glaukoma sudut tertutup ini mengakibatkan kebutaan secara permanen.

Beberapa faktor resiko yang mengakibatkan seseorang terserang penyakit glaukoma adalah :

  1. Adanya peningkatan tekanan di area mata.
  2. Riwayat keluarga yang pernah mengalami glaukoma.
  3. Memiliki penyakit darah tinggi.

Khusus untuk tekanan di area mata yang di sebabkan oleh tekanan darah yang tinggi, nilainya yaitu lebih dari 21 mmHg atau 2.8 kPa. Namun, pada beberapa orang yang memiliki tekanan mata tinggi selama bertahun-tahun tidak mengalami penyakit glaukoma. tetapi sebaliknya, kerusakan saraf optik juga dapat terjadi pada orang yang memiliki tekanan normal, yang sering di sebut juga dengan glaukoma tegangan normal.

Mekanisme glaukoma sudut terbuka diyakini keluarnya aqueous humor (merupakan cairan yang terdapat pada ruang mata diantara lensa Mata dan Kornea) secara perlahan -lahan melalui trabecular meshwork (Trabecular meshwork yaitu saluran saringan yang mengelilingi tepi luar dari iris mata dalam sudut ruang anterior, dibentuk di mana sisipan iris ke dalam tubuh ciliary) sementara di glaukoma sudut tertutup iris memblokir meshwork trabecular. di perlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah anda benar-benar terkena glaukoma jenis ini.

Jika dapat ditangani sejak awal maka penyakit glaukoma mungkin masih bisa di hentikan atau di perlambat perkembangannya, dengan beberapa jenis pengobatan antara lain :

  • Obat-obatan
  • Perawatan laser
  • Pembedahan

Tujuan dari pengobatan penyakit glaukoma ini adalah untuk mengurangi tekanan pada mata.  sejau ini pengobatan melalui metode laser adalah yang paling efektif pada jenis glaukoma sudut terbuka dan sudut tertutup. tetapi jika penderita tidak memungkinkan untuk menggunakan pengobatan laser karena kondisi fisik maka bisa di lakukan dengan metode operasi glaukoma.

Menurut data yang di himpun badan kesehatan dunia, menunjukan jika penyakit glaukoma merupakan penyebab kebutaan terbesar kedua setelah penyakit katarakpenyakit glaukoma sendiri sering di sebut juga sebagai penyakit pencuri karena bisa menyebabkan kebutaan yang terjadi secara perlahan-lahan pada penderitanya.

Loading...