penyebab-diare-orang-dewasa

Apa Sih Penyebab Diare pada Orang Dewasa?

Diposting pada

Status dewasa tidak akan membuat Anda terhindar dari serangan diare sebab diare akan menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan status seseorang. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mencegah penyakit ini, bukan? Anda bisa mencegah agar terhindar dari penyakit ini dengan cara mengenali terlebih dahulu penyebabnya. Pertanyaannya, apa sih penyebab diare pada orang dewasa? Apakah Anda sudah mengetahui secara pasti jawabannya? Jika Anda masih bingung menjawab pertanyaan yang cukup mudah ini, Anda bisa mencari tahu jawabannya dari artikel ini.

penyebab-diare-orang-dewasa

Faktor penyebab penyakit diare di orang dewasa

 

1. Faktor Makanan dan Minuman

Makanan adalah salah satu penyebab diare. Hal ini bukan menjadi rahasia umum.  Makanan yang pedas sering menjadi penyebab seseorang mengalami diare. Selain itu, bisa juga karena makanan yang dikonsumsi telah terkontaminasi. Alergi terhadap makanan pun juga bisa menimbulkan diare, misalnya saja alergi terhadap makanan yang mengandung protein.

Minuman juga menjadi salah satu faktor penyebab diare, misalnya saja minuman kopi dan minuman yang mengandung alkohol. Kopi, siapa yang tidak suka mengonsumsi kopi? Tentu saja, banyak orang yang sangat menggandrungi minuman ini. Ternyata minuman yang sangat populer dan banyak penggemarnya ini juga bisa menjadi pemicu diare jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Jadi sebaiknya bagi Anda yang terlalu sering mengonsumsi minuman ini, sebaiknya Anda kurangi atau setidaknya Anda tidak mengonsumsi kopi ketika mengalami diare agar tidak semakin memperburuk keadaan sistem pencernaan Anda.

Minuman yang mengandung alkohol ternyata juga bisa membuat Anda terserang penyakit diare. Jadi sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol karena minuman ini selain tidak baik untuk kesehatan sistem pencernaan Anda juga tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda yang lainnya.

Jadi, jika Anda tidak ingin terserang penyakit diare ini, sebaiknya Anda mulai menjadi pola makan Anda, jangan mengonsumsi makanan yang pedas, makanan yang membuat Anda alergi, minuman yang mengandung alkohol, dan mengurangi kebiasaan mengonsumsi kopi.

 

2. Faktor Infeksi

Infeksi adalah salah satu faktor penyebab diare. Ada beberapa macam jenis infeksi yang menjadi penyebab diare. Infeksi internal, infeksi virus, infeksi parasit, dan infeksi parental. Infeksi pada sistem pencernaan karena beberapa hal tersebut juga bisa mengakibatkan orang dewasa terserang diare.

 

3. Faktor Obat-obatan

Obat-obatan juga bisa dikatakan sebagai salah satu penyebab diare pada orang dewasa. Obat-obatan yang dimaksud adalah obat-obatan yang sedang dikonsumsi untuk proses penyembuhan suatu penyakit. Obat-obat tertentu memiliki efek samping berupa diare. Jika hal semacam ini terjadi pada Anda, sebaiknya hentikan penggunaan obat tersebut sementara waktu dan konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan solusi yang tepat.

 

4. Faktor Psikologis

Diare juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis. Kasus semacam ini pasti pernah terjadi, mungkinkah Anda salah satunya? Pernahkah Anda merasakan perut Anda tidak bersahabat dengan Anda karena Anda tiba-tiba harus berulang kali ke kamar mandi ketika Anda akan bertemu dengan klien penting? Atau pernahkah Anda merasa harus beberapa kali ke kamar mandi karena merasa terlalu takut dengan suatu hal? Jika pernah, sudah jelas jawabannya jika faktor psikologis sebagai faktor penyebab Anda mengalami diare. Rasa takut dan rasa cemas yang berlebihan ini harus Anda minimalisasi dengan cara meminum segelas air putih misalnya.

 

Demikian beberapa hal yang menjadi faktor penyebab diare pada orang dewasa yang perlu Anda ketahui.

 

 

Incoming search terms:

  • diare pada orang dewasa
  • diare tiba2 pda orng dwsa
  • faktor penyebab diare pada lansia
  • Mengenali diare pada orang dewasa
  • penyebab diare orang dewasa
  • penyebab diare pada lansia