Apakah Tes DNA Selalu Akurat

Apakah Tes DNA Selalu Akurat

Apakah Test DNA selalu Akurat?

Dalam berbagai kasus tindak pidana, polisi menggunakan Test DNA sebagai alat verifikasi dan validasi hubungan biologis seseorang dengan seseorang lainnya. Apakah test DNA selalu akurat dan bisa dipercaya? Simak artikel berikut ini untuk menjawabnya.

Apa itu DNA?

DNA adalah singaktan dari deoxyribonucleic acid yang merupakan materi dalam tubuh setiap manusia yang diwarisi dari orang tuanya masing-masing. DNA berlokasi dlam inti sel di dalam struktur kromosom dan pada mitokondria.

Setiap manusia punya  23 pasang kromosom berupa 22 pasang kromosom somatik dan 1 pasang kromosom penentu jenis kelamin. Kromosom ini didapat dari kedua orang tua, separuh dari ibu dan separuh lagi dari ayah.

Didalam kromosom terdapat DNA yang mengatur bentuk tubuh manusia apakah rambutnya hitam atau pirang, ikal atau lurus atau malah keriting dangdut, matanya hitam, biru atau hijau, kulitnya hitam atau putih dan semacamnya. Para ahli bahkan sudah mulai memetakan DNA per tiap organ dan memulai visi untuk menciptakan manusia yang sempurna.

 

tes dna pada mnusia

Tes DNA

DNA yang dikandung dalam mitokondria didapat 100% duplikasi dari DNA ibu, jadi jika perlu mengidentifikasi keterhubungan kerabat dengan ibu maka DNA jenis ini yang dicek. Caranya cukup mudah tinggal membandingkan strukturnya dengan DNA milik ibu atau nenek atau kerabat perempuan lainnya karena DNA ini duplikasi pada jalur perempuan.

Sebaliknya untuk menentukan kekerabatan dengan pihak ayah maka diambil DNA dari mitokondria somatik. Jika strukturnya sama dengan DNA milik ayah atau kakek atau kerabat lelaki maka dipastikan seseorang tersebut memiliki hubungan biologis.

 

Apakah Test DNA akurat?

Sampai sejauh ini test DNA adalah test paling akurat yang bisa memastikan kekerabatan seseorang dan bisa dipertanggungjawabkan kepastiannya. Karena itulah akhir-akhir ini test DNA seolah menjadi trend untuk menentukan kekerabatan seseorang baik dalam upaya penyelesaian kasus kriminal maupun dalam masalah-masalah perselingkuhan.

Di beberapa negara maju, karena kasus yang melibatkan keperluan menentukan kekerabatan cukup banyak maka tumbuhlah klinik DNA yang menyediakan service test DNA secara murah dan mudah. Cukup dengan menyerahkan beberapa barang-barang pribadi milik pasangan maka bisa diteliti apakah pasangan berhubungan dengan orang lain atau tidak.

Untuk kepolisian, forensik membutuhkan kemampuan test DNA secara menyeluruh. Bahkan test DNA seringkali menemani uji sidik jari sebagai bagian dari object alat bukti.

Kemajuan teknologi kini mengarahkan para peneliti untuk menentukan hubungan struktur DNA tertentu dengan penyakit keturunan, bentuk fisik tertentu dan perilaku khusus. Mungkin suatu saat nanti akan ada beberapa struktur baku yang menjadi standard manusia sempurna dengan kesehatan maksimal, paras cantik / ganteng maksimal dan perilaku yang produktif. Sebelum itu terjadi semoga tuhan membimbing para ahli dalam melakukan penelitian tersebut.

Incoming search terms:

  • akurat kah tes dna
  • apakah tes DNA itu akurat
  • apakah tesp
  • cara tes dna yang akurat
  • dna menu para ahli
  • Dna tidak selamanya akurat
  • tes dna yang akurat
  • upayapenyelesaian perselingkuhan
Show Buttons
Hide Buttons
error: Content is protected !!