AWAS! 11 Bahaya Minuman Beralkohol Bagi Kesehatan Anda

Diposting pada

Sebagian orang menganggap bahwa minuman beralkohol itu adalah solusi untuk meringankan beban yang dihadapinya. Dan akhirnya berakhir di penjara atau di rumah sakit. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mengkonsumsi alkohol bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti sirosis hati. Tapi gangguan hati bukan satu-satunya masalah yang bisa ditimbulkan karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Berikut ini efek buruk mengkonsumsi alkohol bagi kesehatan tubuh Anda.

bahaya minum alkohol

  1. Anemia

Meminum alkohol dalam kadar tinggi dapat mempengaruhi jumlah oksigen yang di bawa oleh sel darah merah menjadi sangat rendah. Hal ini dapak memicu gejala anemia, kelelahan, serta sesak nafas.

  1. Kanker

Kebiasaan minum minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko serangan penyakit kanker. Jenis penyakit kanker yang bisa timbul karena masalah konsumsi alkohol adalah kanker mulut, tenggorokan, hati, payudara serta kanker di daerah kolorektal. Resiko kanker bisa meningkat dan menjadi lebih parah ketika para peminum berat juga mengkonsumsi tembakau seperti yang terkandung pada rokok.

  1. Penyakit Kardiovaskular

Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol juga bisa menyebabkan meningkatnya resiko kematian, pembekuan darah, serangan jantung dan juga stroke.

  1. Sirosis Hati

Alkohol beracun bagi hati Anda yang bisa menimbulkan sirosis hati serta membuat hati Anda tidak berfungsi. Dan hal ini lebih rentah terhadap wanita.

  1. Demensia

Seiring bertambahnya usia, otak manusia menyusut rata-rata sekitar 1,9% tiap dekade, hal ini masih dianggap wajar dan normal. Tetapi ketika Anda sering mengkonsumsi alkohol, akan mempercepat proses penyusutan otak Anda yang bisa menyebabkan hilangnya ingatan dan gejala demensia lainnya.

  1. Depresi

Meminum alkohol dalam jumlah banyak bisa meningkatkan gejala depresi pada diri Anda.

  1. Kejang

Kandungan alkohol yang berlebihan pada tubuh Anda bisa menyebabkan gejala epilepsi dan bisa memicu kejang otot pada orang yang tidak menderita epilepsi sekalipun.

  1. Encok

Gejala sakit encok dan juga asam urat bisa dipicu oleh kadar alkohol yang berlebihan dalam tubuh Anda.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Alkohol dapat mengganggu sistem saraf simpatik yang berfungsi mengendalikan penyempitan dan pelebaran pembuluh darah sebagai respon terhadap stres, suhu, tenaga, dan yang lainnya.

  1. Penyakit Menular

Mengkonsumsi alkohol dalam kadar yang tinggi juga menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, tuberkulosis, pneumonia, HIV/AIDS serta penyakit menular lainnya. Selain itu mengkonsumsi alkohol juga bisa meningkatkan resiko terjadinya kemandulan.

  1. Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf yang ditimbulkan oleh alkohol dikenal dengan sebutan neuropati alkoholik yang menimbulkan rasa sakit yang sangat menyiksa seperti tertusuk jarum , melemahkan otot saraf, inkontinensia, konstipasi, serta disfungsi ereksi.

  1. Merusak Pankreas

Selain menyebabkan iritasi perut atau gastritis, alkohol juga bisa merusak pankreas. Gangguan kronis pada pankreas dapat mengganggu proses pencernaan, menyebabkan rasa sakit perut yang parah, dan diare.

Jadi, bagi Anda yang masih menyayangi tubuh Anda agar tetap sehat dan bebas dari penyakit mematikan, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi alkohol atau bahkan berhenti selamanya.

Loading...