Bahaya Depresi Secara Mental dan Fisik

Diposting pada

Bahaya Depresi Secara Mental dan Fisik – Saat pikiran mudah kosong, di situlah keadaan depresi mulai bergejolak. Depresi sendiri bukan suatu kondisi yang sederhana, lantaran hal ini berhubungan langsung dengan zat kimiawi pada otak yang tidak seimbang. Dimana zat kimiawi akan memiliki peran dalam menjadikan tubuh merasa sakit. Ada kalanya otak seseorang memicu mental yang berbeda dari posisi normal sehingga pikiran terasa aneh.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa depresi termasuk gangguan dari suasana hati yang mempengaruhi penderita merasa sedih. Bukan hanya berpengaruh pada perasaan dan emosi, depresi akan menyebabkan masalah fisik. Maka tak heran orang yang mengalami depresi sulit untuk menjalani kegiatan sehari-hari, bahkan efesiensi kerja dapat menurun. Ada beberapa bahaya mengenai depresi baik secara mental atau fisik seperti berikut ini.

bahaya depresi

Bahaya Depresi Secara Mental dan Fisik

1.Gangguan Tidur

 Ketika seseorang mengalami gangguan tidur memungkinkan gejala depresi yang tidak kunjung sembuh. Hal ini tentu saja disebabkan oleh banyak pikiran yang mengganggu, sehingga kesulitan tidur akan terjadi. Biasanya penderita depresi akan mengalami insomnia, dimana pada keesokan harinya penderita cenderung bangun sangat pagi. Padahal tidur secara normal adalah antara 7 hingga 8 jam agar kualitas terjamin. Jika hal ini tidak bisa terapai maka kesehatan organ tubuh lainnya juga terganggu.

  1. Gangguan Pencernaan

Ada banyak kasus depresi yang mengalami sembelit kronis yang diserta rasa mual pada area perut. Bisa jadi penyebab utama dari masalah kesehatan ini adalah asupan nutrisi dan energi diserap otak secara total atau berlebihan. Justru hal ini mengakibatkan penyebaran nutrisi tidak akan merata sempurna, sehingga mudah sekali penderita depresi mengalami gangguan terhadap pencernaanya.

  1. Sakit Dada

Sakit di bagian dada biasa terjadi pada penderita yang memiliki penyakit jantung. Meskipun demikian, akibat depresi seseorang akan mengalami perasaan sakit secara tiba-tiba di area dada. Ada baiknya, bagi penderita semacam ini untuk memeriksakan diri ke psikiater atau dokter. Apabila gejala sakit dada yang diderita tidak berkaitan dengan kesehatan jantung, memungkinkan rasa nyeri tersebut muncul dikarenakan oleh depresi yang sangat tinggi.

  1. Sakit Kepala

Memang sakit kepala seringkali diderita oleh pengidap depresi, karena banyak hal yang menjadi masalah di pikirannya. Salah satunya adalah migrain yang umum terjadi pada penderita depresi. Oleh karena itu, penting untuk memperoleh dukungan dari orang tercinta dalam mengatasi rasa depresi. Hal ini bertujuan agar depresi tidak semakin berlarut yang mampu menyebabkan sakit kepala secara berkepanjangan.

  1. Mudah Lelah

Taukah anda depresi akan mengakibatkan pada kelelahan fisik. Bisa dibilang seseorang yang mengalami depresi lebih bersifat mudah lelah ketika melakukan berbagai aktifitas. Pasalnya  penderita depresi memiliki energi negatif yang merasuk ke bagian dalam tubuh. Maka dari itu, energi yang berubah negatif tersebut mampu memakan energi positif dari tubuh. Tentu saja semakin hari pengidap depresi merasa lelah dan pada akhirnya jatuh sakit.

Segera untuk menemui dokter jika merasa jiwa anda sedang mengalami depresi yang tak kunjung mereda. Apalagi jika depresi tersebut menggganggu kehidupan anda, bahkan membuat anda berniat untuk bunuh diri.