Berikut Manfaat Yang Akan Didapatkan Saat Mengkonsumsi Air Kelapa Ketika Hamil

Diposting pada

Hamil merupakan salah satu peristiwa yang selalu ditunggu-tunggu oleh wanita. Apalagi jika baru menikah, maka saat mengetahui istri sedang hamil maka akan menjadi salah satu berita yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Ada banyak makanan dan minuman yang diperlukan oleh ibu hamil agar asupan gizi yang terpenuhi. Saat sedang hamil akan ada banyak mitos yang Anda dengar. Hal ini memang wajar, apalagi jika Anda masih tinggal dengan orang tua, maka pantangan untuk makan dan minum akan semakin banyak. Mitos yang beredar memang belum terbukti kebenarannya tetapi banyak yang percaya, hal ini bisa dikarenkan betapa sayangnya seorang ibu terhadap anaknya. Air kelapa tentu menjadi salah satu mitos yang sering beredar. Banyak orangtua dan saudara melarang putrinya yang sedang hamil untuk mengkonsumsi air kelapa. Ada yang mengatakan jika mengokonsumi air kelapa akan membuat bayi memiliki kepala besar sehingga akan sulit unuk proses lahiran normal. Ada juga yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi air kelapa dapat membuat bayi memiliki kulit yang bersih.

Beredarnya mitos, merupakan salah satu hal yang harus Anda ketahui kebenarannya. Bisa jadi itu memang benar atau hanya sebuah mitos. Untuk itu Anda harus tidak boleh langsung percaya begitu saja, akan lebih bijak jika mencari tahu kebenarannya. Karena memang nyatanya air kelapa baik untuk kesehatan ibu hamil. Dengan catatan yang Anda minum adalah air kelapa asli, bukan air kelapa yang dalam kemasan. Air kelapa tidak hanya baik untuk ibu hamil tetapi juga baik untuk kesehatan janin.

Air Kelapa Merupakan Sumber Antioksidan dan Elektrolit Alami

Saat hamil maka muntah merupakan hal yang paling sering terjadi pada ibu hamil. Hal ini tentu sangat menyakitkan. Apalagi jika Anda memiliki bnayak kegiatan. Saat Anda muntah maka elektrolit pada tubuh akan bnayak yang terbuang. Itu sebabnya Anda bisa mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa mengandung elektrolit alami yang dapat menggantika asupan elektrolit pada tubuh yang terbuang saat Anda muntah. Selain itu kandungan antioksidan pada air kelapa juga ampuh untuk melenyapkan radikan bebas dalam tubuh. Jangan lupa untuk memilih air kelapa segar, bukan air kelapa dalam kemasan yang dijual di toko.

Membuat Sirkulasi Menjadi Lancar

Wanita hamil dan tidak hamil memang berbeda. Saat hamil tubuh akan teras alebih cepat lelah dan capek. Belum lagi muntah dan sering masuk angin. Badan juga terasa tidak nyaman. Meskipun begitu, hamil merupakan saat yang selalu dinantikan semua wanita di dunia ini.  Pada dasarnya rasa nyeri dan pegal yang terjadi pada tubuh wanita hamil disebabkan leh sistem sirkulasi darah yang tidak optimal. Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka akan berdampak pada janin yang tidak mendapatkan suplai oksigen dengan baik. Pada air kelapa terdapat kandungan kalium yang berperan aktif untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan juga membantu untuk mengantarkan sinyal pada saraf sehingga kinerja ginjal akan terbantu saat melakukan proses penyaringan darah.

Mengurangi Kelelahan

Elektrolit yang terkandung pada air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh dan hal ini bisa menghindarkan ibu dari dehidrasi. Natrium, kalium dan klorida pada tubuh juga dapat menggantikan garam alami yang diproduksi oleh tubuh.

Mencegah Terjadinya Infeksi Pada Saluran Kencing

Keluhan akan saluran kencing pada tubuh wanita hamil memang sering terjadi, hal ini wajar karena saat hamil maka akan terjadi perubahan hormon dan perumbuhan rahim juga akan menekan kandung kemih. Diuretik alami juga bisa ditemukan pada air kelapa yang mana dapat membuat ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine. Saat urine mudah dikeluarkan maka resiko terjadinya infeksi saluran pada kandung kemih. Itu sebabnya mengkonsumsi air kelapa baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin. Meskipun baik untuk kesehatan, Anda tetap harus mengkonsumsi dalam jumlah yang wajar. Jangan berlebihan atau berpikir untuk menggantikan posisi air putih dengan air kelapa.

Air kelapa yang baik adalah air kelapa yang masih segar dan muda. Selain baik, air kelpaa muda juga memiliki rasa yang segar. Pastikan saat membeli air kelapa Anda melihat bahwa air kelapa baru saja dipotong. Meskipun air kelapa memiliki banyak manfaat, bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk mengkonsumsinya saat Anda merasa tidak suka atau pun merasa tidak nyaman aroma air kelapa. Jika Anda merasa tkut maka Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter bagaimana sebaiknya mengkonsumsi air kelapa yang baik. Takaran yang tepat akan memberikan nutrisi yang tepat. Kekurangan juga tidak baik dan berlebihan juga tidak baik. Itu sebabnya mengkonsultasikannya dengan dokter bisa menjadi pilihan yang tepat.

Loading...