bolehkah ibu hamil minum kopi

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi, Untuk Kesehatan Janin!

Diposting pada

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi – Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi kopi dapat memberikan ketenangan pikiran dan terasa rileks. Namun, bagaimana jika ibu hamil mengkonsumsi kopi. Kopi sendiri ialah minuman yang mengandung kafein yang tinggi dan  terdapat asumsi bahwa dengan mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Namun, semua itu tetap sesuai dengan kadar kafein yang dikonsumsi. Sebab jika konsumsi kafein yang berlebihan tentu saja akan berakibat pada kondisi tubuh dan kesehatan. Nah, untuk itulah Anda juga harus mengetahui bolehkah ibu hamil minum kopi, selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi

bolehkah ibu hamil minum kopi

Di bawah ini penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil minum kopi yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa penjelasannya ialah:

Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein yang tinggi. Apalagi jika konsumsi yang diberikan juga lebih dari aturan yang sesuai. Tentu saja akan membuat seseorang akan mengalami gangguan kesehatan. Salah satunya yaitu ibu hamil. Ibu hamil sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi.

Hal ini dikarenakan kandungan dari kopi yang ada di dalamnya dapat memberikan kesehatan ibu dan janin juga akan menyebabkan gangguan, bahkan dapat membuat bayi akan lahir mati. Akan tetapi, ada pula yang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi kopi tidak berlebihan pada ibu hamil tidak akan memberikan dampak apa-apa. Namun untuk lebih jelas mengenai Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi, Anda bisa mengetahui terlebih dahulu bahaya dari mengkonsumsi kopi pada ibu hamil, diantaranya:

Keguguran

Bahaya mengkonsumsi kopi yang pertama yaitu resiko keguguran. Resiko keguguran menjadi salah satu bahaya yang pertama akibat dari konsumsi kopi. Hal ini dikarenakan saat hamil muda , janin masih tidak kuat dengan kafein yang masuk dalam tubuh ibunya dan masuk dalam tubuh janin. Dengan demikian, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi saat hamil.

Berpengaruh Terhadap Denyut Jantung

Bahaya yang selanjutnya yaitu berpengaruh terhadap denyut jantung. Hal ini disebabkan karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat membuat denyut jantung menjadi naik, tekanan darah juga meningkat. Tidak heran, jika ibu hamil akan merasa khawatir yang berebihan dan juga berakibat pada kondisi kesehatan ibu hamil.

Dapat Menyebabkan Kurangnya Gizi Pada Janin

Bahaya yang selanjutnya yaitu dapat menyebabkan kurangnya gizi pada janin. Hal ini dapat terjadi akibat dari efek deuretik yang ada dalam kafein dapat menghambat penyerapan nutrisi pada janin. Selain itu, dapat membuat ibu akan kesulitan untuk mengatur pola makan yang sehat untuk bayi. Sehingga bayi akan sulit menyerap zat besi dan kalsium sebagai salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Maka akan menyebabkan kurangnya gizi pada janin ketika lahir nanti.

Resiko Terkena Leukimia Pada Bayi

Bahaya yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan terserang penyakit leukimia pada bayi. Hal ini telah diteliti dan ibu yang sering mengkonsumsi kopi setiap harinya 2 gelas cangkir. Ternyata dapat meningkatkan resiko terkena penyakit leukimia pada bayi yang akan lahir. Hal ini disebabkan penumpukan kafein dalam tubuh janin yang menyebabkan produksi sel darah merah pada sumsum tulang belakang mengalami kerusakan.

Nah, itulah penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil minum kopi yang bisa Anda jadikan sebagai pengetahuan, sehingga Anda bisa lebih berhati-hati untuk mengkonsumsi kopi harus sesuai dengan aturan yang aman atau bisa dengan mengganti dengan minuman yang lain. Terimakasih dan semoga bermanfaat 🙂