cara-menggunakan-toilet-umum

Cara Aman menggunakan Toilet Umum

Diposting pada

Bukan hanya anda yang sering bepergian yang harus berhadapan dengan toilet umum, bagi anda pekerja anda juga setiap hari berkesempatan untuk menggunakan toilet umum. Toilet umum memang menjadi sumber terjadinya penyebaran kuman karena berbagai kondisi yang melekat padanya seperti: kotoran manusia yang memang mengandung bakteri, tempat yang lembab, dan diakses banyak orang.

Beberapa pendekatan toilet kering dilakukan di kantor-kantor, mall, hotel dan fasilitas umum lainnya. Namun memang tetap ada resiko pertukaran bakteri dan kuman saat menggunakan toilet umum karena toilet sering menjadi tempat berbiak bakteri e coli, salmonella, streptococcus dan berbagai virus lainnya. Jika tubuh anda sedang tidak fit, bisa jadi anda akan jatuh sakit setelah terinfeksi kuman-kuman tersebut.

cara-menggunakan-toilet-umum

  • Anda tidak perlu paranoid terhadap toilet umum karena lebih berbahaya anda menahan pipis daripada mengahadapi paparan kuman-kuman jahat itu. Coba sima beberapa tips mudah ini untuk menghindarkan anda bersentuhan secara langsung dengan kuman-kuman toilet.
  • Jangan meletakkan barang-barang di area toilet. Jam tangan, kaca mata, tas, dompet, rokok, dll. Lebih baik lagi jika anda tidak membawanya ke dalam toilet.
    Sebelum menggunakan toilet, flush dulu supaya bakteri yang ada di permukaan dan di air akan hilang walaupun terlihat bersih.
  • Jika anda perlu duduk di kloset, seka dulu permukaannya menggunakan tissue, disitu biasanya ada lapisan bakteri yang berkembang biak.
  • Jangan duduk di kloset jika keadaanya basah atau kotor karena sudah pasti kumannya banyak dan akan menginfeksi tubuh jika bersentuhan dengan kulit paha anda. Disini kloset jongkok terasa lebih sehat dibanding kloset duduk.
  • Hindari menyentuh benda-benda dalam toilet. Membawa tissue ke dalam toilet adalah ide yang baik. Mulai dari memegang handle pintu sampai menekan flush pada toilet sebaiknya anda lakukan menggunakan pelapis tissue. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa tempat paling banyak bakterinya ternyata ada panda handle pintu karena biasanya hanya dilap menggunakan air tanpa antiseptik. Itupun jarang.
  • Jauhkan diri anda saat menekan flush karena air yang memercik biasanya mengandung kuman.
  • Selesai menggunakan toilet jangan lupa mencuci tangan menggunakan sabun. Ingat bersihkan secara menyeluruh baik sela-sela jari maupun ujung kuku karena bakteri sangat senang berkembang biak di tangan dan mudah tersebar kemana-mana.
    Setelah itu segera keringkan menggunakan tissue atau dryer.
  • Hal yang baik jika anda mengoleskan alkohol atau antiseptik tangan setelahnya.

Hal-hal diatas hanyalah cara untuk mengurangi kemungkinan tubuh terpapar bakteri dan kuman, yang lebih penting adalah menjaga tubuh anda tetap sehat dan fit agar saat anda teinfeksi kuman maka daya tahan tubuh anda bisa melindungi anda tetap sehat.

Incoming search terms: