mengatasi tekanan darah tinggi

Cara Efektif Mengatasi Penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Diposting pada

Cara Efektif Mengatasi Penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) ─ Tekanan darah tinggi merupakan penyakit naiknya darah yang disebabkan karena penyempitan pembuluh darah. Tekanan darah tinggi pada umumnya bukan merupakan penyakit yang berbahaya. Namun jika penyakit ini dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan komplikasi dan memicu terserang penyakit lain. Tekanan darah tinggi mengakibatkan kepala pusing yang berlebihan.

Tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan secara langsung. Namun, bisa dicegah dengan mengatur pola makan dan pola hidup sehat. Riset menunjukan bahwa tekanan darah tinggi bukan disebabkan karena emosi, namun karena kurangnya istirahat, kurang berolahraga, dan tidak menerapkan pola hidup sehat. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi).

mengatasi tekanan darah tinggi

Cara Efektif Mengatasi Penyakit Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

  1. Rutin Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol tekanan darah dalam tubuh merupakan langkah awal untuk mencegah tekanan darah tinggi. Dengan rutin mengontrol tekanan darah, Anda dapat mengetahui berapa besar tekanan darah Anda. Tekanan darah normal manusia yaitu berkisar di antara 90 – 120 untuk sistolik serta 60 – 80 untuk diastolik. Jika tekanan darah Anda melebihi angka tersebut, maka Anda kemungkinan terserang tekanan darah tinggi.

  1. Rajin Berolahraga

Rajin Berolahraga dapat mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi. Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja, seperti : senam, jogging, berenang, senam lantai dan sebagainya. Hanya dengan olahraga yang ringan saja dapat membakar lemak dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

  1. Kurangi Makanan yang Mengandung Garam

Cara yang efektif untuk mengatasi tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi kadar garam dalam makanan. Kurangilah mengonsumsi daging, keju, dan makanan yang mampunyai cita rasa asin dan asam terlalu tinggi. Bagi Anda yang menderita penyakit ini tidak dianjurkan memakan daging kambing. Dengan membatasi contoh makanan yang telah disebutkan, maka Anda melakukan diet tekanan darah tinggi.

  1. Daun Meniran

Jika tekanan darah tinggi kambuh disertai dengan kaki bengkak, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi daun meniran. Daun meniran terbukti efektif untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi secara cepat. Caranya dengan manghaluskan daun meniran, siram dengan air panas. Aduk secara merata dan diamkan sejenak. Pisahkan air dengan daun meniran, lalu minum air perasan tadi 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Daun Pegangan

Daun pegangan terbukti efektif untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Daun peganagan akan menetralisir tekanan darah dan memperlancar peredaran darah. Sehingga peredaran darah akan kembali seperti normal. Caranya dengan merebus beberapa helai daun pegangan dengan menggunakan air. Minum air hasil rebusan tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan ketika petang.

  1. Jus Seledri

Daun seledri juga mempunyai manfaat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi. Daun seledri telah digunakan oleh orang zaman dahulu sebagai obat tradisional khususnya masyarakat China. Caranya dengan menyiapkan beberapa helai daun seledri lalu haluskan dengan menggunakan blender, dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu saringlah, dan konsumsi jus seledri 1 kali dalam sehari.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi. Aturlah pola makan dan jagalah kesehatan Anda, karena kesehatan adalah obat yang paling mahal. Semoga Bemanfaat.