Cara Mencegah dan Mengobati Keracunan Makanan

Diposting pada

Untuk mencegah supaya tidak keracunan makanan sesungguhnya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Mungkin sebelum Anda membaca ini, Anda masih belum mengetahuinya, bahkan masih banyak orang yang tidak mengerti, walaupun mereka sudah mengerti apa faktor penyebab seseorang dapat mengalami keracunan makanan. Anda harus menjalani pola hidup yang bersih, juga ketika memproses makanan, jangan setengah-setengah, Anda harus memprosesnya dengan sempurna. Itu termasuk dalam hal menyimpan, menangani, dan mempersiapkan makanan, dan bukan hanya 1 hari saja, melainkan seterusnya. Mari baca selengkapnya.

 

Pola konsumsi makanan

Anda pun juga jangan mengkonsumsi makanan yang telah kadaluarsa. Selain itu, jangan lupa mengikuti petunjuk yang memang sudah tertera di bungkus makanan tersebut. Anda jangan percaya ke penampilan serta aroma makanan saja, dalam menentukan apakah makanan tersebut masih bisa dimakan atau tidak. Juga sebaiknya Anda menghindari membeli minuman dan makanan yang dijual di tempat di mana kebersihannya itu kurang terjamin. Jangan mengambil resiko, jika terkait kesehatan.

Tips mencegah infeksi karena keracunan makanan

Yang menyiapkan maupun mengolah makanan yang mau seseorang makan itu tidak boleh dilakukan oleh orang yang sedang mengalami kondisi keracunan makanan. Tak hanya itu, bahkan Anda pun sebaiknya menjaga jarak dengan orang yang keracunan makanan tersebut. Apalagi jika orang tersebut dekat dengan anak-anak kecil dan orang lanjut usia. Sebab infeksi makanan bisa terjadi salah satunya karena infeksi virus juga. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba untuk pencegahan yang baik:

  1. Usahakan jangan memakai handuk bersama-sama, jadi 1 orang 1 handuk
  2. Mencuci tangan sebaiknya Anda gunakan sabun, dan secara teratur, terutama sebelum Anda mengkonsumsi makanan, walaupun Anda menggunakan sendok. Juga hindari menggunakan sendok yang sama dengan orang yang sedang dalam kondisi keracunan makanan.
  3. Bersihkan bagian toilet, khususnya di bagian yang sering dipegang dan rutin sehari-harinya
  4. Cucilah pakaian orang yang sedang keracunan makanan menggunakan pengaturan air yang paling panas di mesin cuci

 

Dalam membersihkan

Virus dan bakteri yang berbahaya dapat dicegah apabila menjalani pola hidup yang higienis, juga rajin-rajinlah membersihkan semua peralatan dan permukaan. Anda harus memastikan tangan bersih, dicuci menggunakan sabun, sesudah menggunakan toilet, dan sebelum menyiapkan makanan, sesudah Anda menyentuh tempat sampah, dan sesudah memegang makanan mentah. Anda harus benar-benar memperhatikan mengenai kebersihan ini, jika tak ingin keracunan makanan dan mengalami diare serta muntah-muntah.

 

Membekukan

Cara pencegahan yang kedua adalah dengan membekukan makanan. Anda dapat memeriksa petunjuk dari cara menyimpan makanan di kemasan, terkait suhu yang tepat untuk menyimpannya. Hal tersebut perlu Anda lakukan supaya mencegah perkembangbiakan bakteri di makanan tersebut. Di mana bakteri merupakan salah satu faktor penyebab kontaminasi makanan. Jika Anda hendak mendinginkan makanan, maka Anda wajib memastikan suhu kulkas antara 0 hingga 50 Celcius. Apabila Anda biarkan makanan dalam suhu ruangan, maka bakteri pun dapat tumbuh juga berkembangbiak di makanan tersebut.

 

Cara mengobati seseorang yang keracunan makanan

Jika muntah-muntah dialami oleh penderita dan cukup parah, maka bisa gunakan obat antiemetic, atau obat anti muntah. Biasanya jika sudah cukup parah maka penderita keracunan makanan perlu dirawat di rumah sakit untuk beberapa hari lamanya dan membutuhkan pengawasan dokter juga. Selain itu juga mendapatkan cairan langsung dari infus, agar penderita tidak dehidrasi.

Itulah yang perlu Anda ketahui mengenai cara mencegah dan mengobati jika keracunan makanan. Semoga informasinya bermanfaat. Jangan lupa meninggalkan komentar jika Anda memiliki pertanyaan, terima kasih.

Incoming search terms:

  • msal ada bakteri gmna cra mencegahnya dan hrs mengomsumsi makanan apa