Cara Mengatasi Ibu Hamil Anyang-ayangan dengan Benar

Cara Mengatasi Ibu Hamil Anyang-ayangan dengan Benar

Diposting pada

Ibu Hamil Anyang Anyangan – anyang-anyangan adalah keadaan dimana seseorang yang sering merasa ingin kencing dan terasa nyeri ketika air seninya keluar. Keadaan anyang-anyangan di alami siapa saja seperti ana-anak, orang dewasa, hingga lansia. Namun anyang-anyangan pada hamil  di sebabkan karena aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil terlalu berat, serta keadaan perut buncit yang menekan kandung kemih. Keadaan demikian tentu semakin memperburuk keadaan saat hamil, ibu akan merasa tidak nyaman, dan akan mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil.

Penyebab ibu hamil anyang-anyangan seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa terjadi  karena aktivitas yang dilakukan terlalu berat. Sebaiknya saat hamil usahakan untuk tidak beraktivitas terlalu berat. Istirahat yang cukup dan selalu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, sehingga tidak akan mengalami gangguan kesehatan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaiamana cara mengatasi ibu hamil anyang-anyangan. Simak ulasan berikut ini!

Cara Mengatasi Ibu Hamil Anyang-ayangan dengan Benar

Cara Mengatasi Ibu Hamil Anyang-ayangan dengan Benar

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi ibu hamil anyang-anyangan yang wajib Anda ketahui khusus  bagi ibu yang sedang hamil. Adapun caranya diantaranya:

Posisi tidur yang benar

Cara mengatasi ibu hamil anyang-ayangan yang pertama yaitu dengan memperhatikan posisi tidur yang benar. Pada ibu hamil dengan keadaan perut yang buncit sudah dapat menekan bagian kandung kemih. Untuk itu biasakan untuk tidur dengan posisi yang benar, sehingga tidak membuat kandung kemih semakin tertekan. Sebaiknya untuk tidur miring ke kiri serta kaki di tekuk sedikit agar kandung kemih tidak semakin tertekan.

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi

Mengkonsumsi makanan yang bernutisi memang perlu untuk memperlancar metabolisme tubuh. Begitu pula dengan ibu hamil, ibu hamil sangat perlu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan juga calon buah hati. Apabila ibu hamil merasa anyang-anyangan lebih baik mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan juga makanan yang bergizi lainnya.

Mencukupi asupan air putih

Cara yang selanjutnya dengan mencukupi asupan air putih. Anjuran minum air putih 8 gelas per hari. Memang sangat membantu menjaga kesehatan tubuh, dengan mencukupi minum air putih akan membuat racun-racun yang ada dalam tubuh juga bisa keluar melalui air seni. Oleh karena itu saat mengalami anyang-anyangan minum air putih dengan cukup.

Jangan menahan buang air kecil

Cara mengatasi ibu hamil anyang-ayangan yang terakhir yaitu jangan menahan buang air kecil. Menahan buang air kecil memang tidak boleh dilakukan bukan hanya pada ibu hamil. Menahan buang air kecil pada ibu hamil tentunya akan membuat anyang-anyangan dan lebih parahnya lagi akan mengalami infeksi kandung ekmih. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menahan saat ingin buang air kecil.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi ibu hamil anyang-ayangan yang bisa Anda coba untuk mengurangi gejala anyang-anyangan yaang Anda alami. Terimakasih dan selamat mencoba!