Cara Mengatasi Masalah Mata Iritasi

Diposting pada

Cara Mengatasi Masalah Mata IritasiMata memang merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran vital dalam fungsi penglihatan. Dan selain itu, mata juga merupakan salah satu organ tubuh yang sensitif, karena permukaan dari mata ini sendiri, tidak tertutup oleh kulit, sehingga rentan sekali terkena debu dan juga kotoran. Maka seringnya kita menjumpai mata terkena gangguan seperti iritasi mata, yang mana iritasi mata ini, bisa disebabkan lantaran mata kerap kemasukan debu dan kotoran.

Banyak orang yang jika matanya kemasukan debu, maka akan menggosok matanya apalagi jika merasa gatal pada mata. Namun hal ini bukanlah cara yang baik dan efektif, dan justru akan menyebabkan mata anda mengalami masalah iritasi, sepertimata merah dan bahkan sampai bengkak dan berair. Mengatasi mata yang terkena iritasi, seperti mata merah, bengkak dan berair, bisa dengan cara – cara sederhana, tanpa perlu menggosok mata. Dan berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah mata iritasi yang bisa anda coba lakukan.

Cara Mengatasi Masalah Mata Iritasi

  1. Kompres dengan air dingin

Membersihkan mata dengan cara mengkompres dengan air yang dingin, merupakan salah satu solusi yang bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah iritasi mata, dan mengurangi sensasi terbakar pada mata anda, dan tentu saja akan mengurangi rasa gatal pada bagian mata anda. Anda bisa mencoba untuk mengkompres mata anda dengan air dingin menggunakan kain yang bersih secara teratur.

  1. Obat tetes mata

Selain dengan cara kompres air dingin, anda bisa mencoba untuk menggunakan obat tetes mata sebagai salah satu obat yang bisa meringnkan iritasi yang terada dalam organ mata anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah anda mesti benar – benar selektif dalam memilih obat tetes mata yang baik untuk kesehatan mata anda. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter jika ingin memilih obat tetes mata yang baik.

  1. Menggunakan irisan mentimun

Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda, dan juga baik untuk membantu dalam mengatasi masalah iritasi pada mata anda. Irisan mentimun ini akan memberikan rasa segar dan membantu mengeluarkan kotoran pada mata anda. Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu untuk menutupi dua mata anda dengan irisan mentimun.

  1. Irisan kentang

Selain dengan irisan mentimun, anda bisa juga menggunakan bahan alami lainnya untuk mengatasi masalah pada bagian mata anda yang terkena iritasi, salah satunya adalah dengan menggunakan irisan kentang, irisan kentang ini akan berfungsi mengurangi panas akibat iritasi, dan juga menyegarkan mata anda kembali, serta membantu mengeluarkan kotoran dari mata anda.

  1. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, dan juga salah satunya untuk membantu mengatasi mata yang terkena iritasi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan jus lidah buaya, dengan air yang dingin, dan gunakan campuran ini sebagai obat untuk mencuci mata anda.

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam mengatasi masalah mata iritasi dan bengkak dengan cara alami dan sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.