Cara menghilangkan luka dan perawatannya

Cara Menghilangkan Luka dan Perawatannya

Diposting pada

Cara menghilangkan luka dan perawatannyaCara menghilangkan luka dan perawatanya adalah dengan memperhatikan bagaimana perawatan pada saat terjadinya luka dan juga perawatan setelahnya. Kadang kita care terhadap luka kita pada saat jatuh, tersayat, terpukul atau tergores kemudian terluka, setelah itu kita tidak memperhatikan tindakan yang benar dalam perawatanya.

Luka merupakan suatu peristiwa dimana terjadi kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh yang diakibatkan suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi. Luka tidak menular tetapi hampir semua orang pernah merasakan luka, hal itu karena banyaknya penyebab terjadinya luka.

Cara menghilangkan luka dan perawatannya

Pertolongan pertama pada luka adalah hal yang sangat penting tapi perawatan luka setelahnya juga suatu hal yang harus kita perhatikan. Hal ini berkaitan dengan cepat atau lamanya luka tersebut bisa disembuhkan. Dengan memperhatikan karakteristik dari luka itu sendiri kita bisa melakukan tindakan yang direkomendasikan untuk kesembuhan luka. Berikut ini Cara menghilangkan luka dan perawatannya yang bisa kita terapkan.

  • Segera bersihkan luka pada saat terjadi menggunakan air bersih. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan kotoran dan bakteri yang mampir di luka tersebut. Apabila luka jatuh di tempat yang kotor sehingga luka berlumur tanah. Dianjurkan tidak menggunakan antiseptik karena dapat merusak kulit serta membuat luka lebih lama.
  • Apabila darah mengucur terus segera lakukan tindakan penghentian perdarahan. Luka yang memerlukan tindakan ini adalah luka yang terjadi pada urat darah baik nadi yang tandanya terlihat semprotan atau semburan darah ataupun vena, yang umumnya darahnya mengalir terus. Bila dibiarkan maka korban akan syok. Keadaan seperti ini bisa ditangani dengan berbagai cara seperti menekan bagian yang luka, meninggikan bagian yang luka dari jantung; menekan urat darah besar yang mendarahi daerah luka, bebat di proksimal atau di bagian yang lebih dekat ke jantung.
  • Tutuplah luka untuk menghindari terkena kotoran atau tergesek benda lain dengan kasa atau kain bersih tapi jangan dengan kapas. Kasa dan kain bersih menghisap air hingga kotoran luka terangkat tetapi kapas sebaliknya. Ia tidak menghisap air hingga kotoran luka bertumpuk diatas luka.
  • Luka bersih yang dirawat dengan benar sebetulnya tidak memerlukan antibiotika kecuali apabila terjadi akibat tusukan benda tajam yang kotor atau berkarat seperti paku dan gigitan binatang termasuk manusia, maka dibutuhkan suntikan anti tetanus.

Demikianlah tadi Cara menghilangkan luka dan perawatannya yang bisa kami sampaikan. silahkan dicoba semoga bermanfaat..

Incoming search terms:

  • kain kasa utk menyedot darah n kotoran