Cara Mengobati Batuk Berdahak

5 Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Benar

Diposting pada

Cara Mengobati Batuk Berdahak – Salah satu penyakit yang sering menyerang siapa saja ialah batuk. Dalam hal ini batuk termasuk sebagai salah satu penyakit yang mudah disembuhkan jika belum memasuki tahapan yang parah seperti batuk gatal dan juga batuk berdahak. Namun bagi para dokter, batuk berdahak lah yang termasuk sebagai salah satu batuk keras karena bisa menyebabkan tenggorokan mengalami infeksi dan luka.

Untuk mengobati batuk berdahak ini, banyak para dokter menyarankan untuk mengatasi batuk berdahak menggunakan ramuan tradisional dan juga tidak mengkonsumsi obat-obatan di pasaran. Nah bagi Anda yang saat ini sedang menderita batuk berdahak dan ingin segera menyembuhkannya, langsung saja ikuti beberapa cara mengobati batuk berdahak dengan benar berikut ini!

Cara Mengobati Batuk Berdahak

5 Cara Mengobati Batuk Berdahak dengan Tepat

Dibawah ini ada beberapa cara mengobati batuk berdahak dengan tepat yang bisa Anda lakukan. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Berkumur dengan Air Biasa Atau Air Garam

Sebelum Anda mulai mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka mengobati batuk berdahak, langkah yang tepat ialah dengan berkumur menggunakan air biasa ataupun air garam selama 60 detik sebanyak 3x sehari. Cara ini memang terlihat sederhana, namun percaya atau tidak, jika Anda melakukannya secara rutin dan benar, maka batuk berdahak Anda akan cepat sembuh. Hal ini dikarenakan dengan berkumur menggunakan air garam, maka seluruh bakteri yang ada didalam kerongkongan ataupun mulut akan mati.

Mandi dengan Air Hangat

Cara mengobati batuk berdahak yang kedua ialah dengan mandi air hangat. Seperti yang kita tahu, yang menjadi masalah utama dari batuk berdahak ialah dahak yang kental dan sulit keluar. Untuk itu bagi Anda yang sedang mengalami batuk berdahak agar bisa mengencerkan dahak, diharuskan mandi air dengan air hangat sebagai cara untuk menjaga suhu tubuh agar tetap optimal. Selain itu jangan lupa untuk rajin mengkonsumsi air putih agar dahak yang kental tadi menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

Konsumsi Madu dan Lemon

Cara mengobati batuk berdahak yang ketiga ialah dengan mengkonsumsi madu dan lemon. Disini madu dan lemon harus dikonsumsi sendiri-sendiri dan tidak boleh dicampurkan. Cobalah untuk mengkonsumsi madu alami secara rutin 3x sehari. Kandungan zat aktif yang terdapat dalam madu ini nantinya akan meredakan tenggorokan Anda dari dahak yang berlebih. Selanjutnya baru konsumsi air lemon hangat agar suhu tubuh kembali normal dan terjaga. Dengan rutin melakukan langkah ini, maka Anda akan sembuh dalam kisaran waktu tak lebih dari 1 minggu.

Hindari Penggunaan Obat Antihistamin

Cara mengobati batuk berdahak yang keempat ialah dengan menghindari obat batuk yang didalam komposisinya terdapat antihistamin. Dalam hal ini obat batuk yang mengandung antihistamin malah justru membuat dahak sulit keluar dari paru-paru. Jadi jangan salah pilih obat batuk ya!

Teh Jahe

Ramuan herbal yang bisa meredakan batuk berdahak dengan cepat ialah dengan mengkonsumsi teh jahe. Kandungan zat aktif yang terdapat pada jahe dipercaya mampu mengobati batuk berdahak dengan sangat cepat. Jika dirasa ramuan ini cukup tidak enak di lidah, Anda bisa menambahkan madu (jangan gula pasir karena bisa menyebabkan batuk berdahak bertambah parah).

Itulah tadi 5 cara mengobati batuk berdahak dengan benar yang bisa kami infokan kepada Anda semua. Umumnya batuk berdahak akan sembuh ketika Anda rajin melakukan hal diatas selama 1-2 minggu. Namun jika dirasa masih belum sembuh juga, langsung saja Anda periksakan diri ke dokter untuk mengetahui informasi lebih lengkap!

 

Incoming search terms:

  • batuk berdahak sering berkumur
  • cara batuk yang benar
  • cara mengobati batuk dengan madu
  • cara meredakan batuk berdahak aktif dengan cepat