Cara Mengobati Batuk kering

Cara Mengobati Batuk Kering Dengan Alami  dan Ampuh

Diposting pada

Cara Mengobati Batuk Kering – Batuk merupakan salah satu gangguan pada tenggorokan karena adanya lendir. Gangguan yang satu ini biasanya diakibatkan karena adanya virus maupun bakteri. Tak hanya itu batuk  juga biasanya diakibatkan karena adanya debu, asap, makanan dan yang lainnya.

Batuk memiliki 2 macam jenis, yaitu batuk kering dan batuk basah. Nah, untuk batuk kering sendiri merupakan jenis batuk  yang tidak terlalu parah. Jadi, Anda jangan khawatir jika menderita penyakit tersebut. Karena batuk yang satu ini dapat disembuhkan dengan segera. Lalu, bagaimana sih cara mengobati batuk kering yang dapat di ketahui? jika Anda penasaran. Mungkin dapat meluangkan waktu sejenak untuk menyimak artikel berikut!

Cara Mengobati Batuk Kering, Apa Saja?

Cara Mengobati Batuk kering

Dibawah ini ada beberapa cara mengobati batuk kering yang bisa Anda terapkan nantinya. Adapun beberapa  cara mengobatinya sebagai berikut ini:

Dengan Menggunakan Air Hangat Dan Garam

Mungkin Anda telah mengerti jika air hangat dapat meredakan batuk. Hal ini dikarenakan ketika Anda menggunakan air  hangat untuk diminum dapat melegahkan tenggorokan. Secara tidak langsung pun batuk dapat diredakan dengan cara satu ini.

Bahkan, selain air hangatnya diminum. Anda dapat menggunakan cara lainnya seperti  menambahkan garam sedikit saja di segelas  air hangat. Kemudian Anda dapat menggunakannya untuk berkumur sejenak.  Lakukan secara rutin maka batuk yang Anda  derita akan sembuh.

Menggunakan Kunyit

Seperti yang telah kita ketahui, jika rempah-rempah ini sangat berkhasiat untuk mengatasi gangguan kesehatan. Salah satunya adalah dapat mengobati batuk kering maupun basah. Kunyit yang digunakan adalah salah satu rempah yang selalu Anda gunakan dan temui ketika di dapur.

Untuk membuat ramuan pengobatannya sangatlah muda, Anda tinggal membutuhkan beberapa ruas kunyit. Setidaknya Anda menggunakan kunyit secukupnya saja. Setelah itu cuci bersih kunyit tersebut dan parutlah hingga menjadi halus. Lalu, campurkan dengan air hangat dan juga sedikit madu agar lebih manis.  Minumlah ramuan tersebut setidaknya 2  kali dalam sehari, agar batuk yang Anda derita cepat redah.

Dengan Daun Kemangi

Daun kemangi mungkin Anda temukan saat memakan lalapan saja. Namun, untuk yang satu ini daun kemangi digunakan sebagai pengobatan untuk batuk kering.  Hal ini dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan mengobati batuk. Jadi, ada baiknya untuk Anda mencoba ramuan uang satu ini.

Untuk cara pembuatan ramuannya, Anda dapat mengambil beberapa lebar daun kemangi saja. pastikan untuk memilih daun kemangi yang tidak terlalu muda maupun tua. Setelah itu rebuslah daun kemangi dengan menggunakan 3 gelas air. Rebuslah air tersebut hingga  mendidih dan dinginkan setelahnya. Pastikan setelah mendinginkannya, Anda dapat menyaring ramuan tersebut. Minumlah air rebusan daun kemangi tersebut setidaknya 2 kali dalam sehari.

Dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Untuk cara mengobati batuk kering yang selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Ini dikarenakan pada jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang dapat mengobati  batuk kering. Cara pembuatan ramuannya pun sangatlah mudah. Anda tinggal menyiapkan 2 buah jeruk nipis. Setelah itu, irislah jeruk nipis tersebut menjadi 2 bagian kemudian peraslah ke  dalam gelas  yang telah diisi dengan air hangat. Untuk membuat ramuan menjadi lebih manis, Anda dapat menambahkan madu. Dan setelahnya, aduk hingga rata. Minumlah ramuan tersebut setidaknya 2  kali dalam sehari. Maka Anda kan segera sembuh jika mengkonsumsinya  secara rutin.

Nah, itulah beberapa cara mengobati batuk kering yang bisa Anda coba nantinya. Anda bisa mencoba cara pengobatan seperti yang ada di atas. Namun, jika batuk yang Anda derita tidak kunjungi reda, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna untuk Anda semua. Sekian dan terimakasih 🙂