Cara Mengobati Batuk Pada Bayi dengan Aman & Tepat!

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi dengan Aman & Tepat!

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi – Selain orang dewasa, bayi juga sangat rentan terkena serangan batuk lho! Dalam hal ini batuk yang terjadi pada bayi bisa disebabkan karena reflek tubuh dalam rangka mengeluarkan benda-benda asing, kuman, atau bakteri yang sedang ada didalama saluran pernapasan. Sehingga sebelum memberikan obat kepada si bayi, Anda harus bisa mengetahui apakah batuk tersebut terjadi secara natural dan aman, atau justru batuk tersebut merupakan gejala awal dari sakit yang berkepanjangan.

Umumnya, batuk berdahak yang terjadi pada bayi jauh lebih baik karena dahak yang keluar merupakan dahak yang lebih baik dari ingus dalam memberikan pengobatan melawan bakteri jahat yang bersarang dari tubuh. Namun jika Anda sebagai orangtua tidak betah menahan bayi batuk terus, Anda bisa menggunakan cara mengobati batuk pada bayi yang sudah kami siapkan dibawah ini. Daripada Anda penasaran, langsung saja yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Cara mengobati batuk pada bayi

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi dengan Cepat

Dibawah ini ada beberapa cara mengobati batuk pada bayi dengan cepat dan benar yang bisa Anda lakukan. Beberapa cara tersebut diantaranya:

Jangan Beri Obat Apapun

Cara mengobati batuk pada bayi yang benar ialah dengan tidak memberinya obat dalam jenis apapun. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya ketergantungan pada bayi jika sedari kecil ia harus mengkonsumsi obat untuk menyembuhkan sakit yang dideritanya. Disini Anda hanya perlu mencermati apakah batuk tersebut tergolong batuk biasa atau batuk yang tidak wajar, jika termasuk sebagai batuk yang tidak wajar, langsung saja Anda menuju pada cara kelima dibawah ini.

Beri ASI Lebih Banyak

Seperti yang kita tahu, ASI merupakan makanan sekaligus minuman bayi yang wajib diberikan oleh ibu. Adapun cara mengobati batuk pada bayi ini rupanya bisa dilakukan dengan pemberian ASI dalam jumlah yang banyak. Kenapa bisa demikian? Karena ASI yang terdapat pada ibu mengandung beberapa zat imun yang terbukti mampu mengalahkan berbagai macam bakteri jahat yang ada dalam tubuh si bayi. Selain itu zat imun ini nantinya akan memperkuat daya tahan si buah hati agar tidak mudah terserang sakit lagi.

Berikan Waktu Istirahat Yang Banyak

Cara mengobati batuk pada bayi ketigga ialah dengan memberikannya waktu istirahat yang banyak, dan jika perlu biarkan ia tidur selama setengah hari agar kondisi badannya menjadi lebih baik dan kembali optimal.

Berikan Obat Pereda Deman

Biasanya, batuk yang terjadi pada bayi kerap muncul dengan disertai demam, untuk itu sangat penting sekali bagi bunda untuk memberikan obat pereda demam yang bisa bunda dapatkan dari apotek ataupun dari dokter keluarga Anda.  Cara mengobati batuk pada bayi yang satu ini tergolong sangat cepat memberikan hasil dibandingkan dengan cara ketiga tadi.

Berikan Uap Panas

Cara mengobati batuk pada bayi yang terakhir bisa dilakukan dengan memanfaatkan uap panas dalam ruangan. Uap panas dalam ruangan ini dipercaya mampu melegakan pernapasan bayi sehingga batuk tidak kembali terjadi. Namun perlu diingat, Anda harus berhati-hati dalam memberikan uap panas ini agar bayi tidak terluka ya!

Nah itulah tadi 5 cara mengobati batuk pada bayi yang bisa kami sampaikan dan bisa Anda langsung praktikkan. Jika dirasa batuk yang terjadi pada bayi kembali parah dan sulit disembuhkan, maka langsung saja Anda periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya!

Show Buttons
Hide Buttons
error: Content is protected !!