Cara Mengobati Hidung Tersumbat Menurut Dokter!

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Menurut Dokter!

Cara Mengobati Hidung Tersumbat – Selain batuk, pusing dan deman, rupanya hidung tersumbat juga termasuk sebagai salah satu jenis penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Selain karena virus flu yang terus lebih ganas, obat yang ada dipasaran biasanya hanya bisa meredakan flu atau hidung tersumbat hanya beberapa saat saja, sehingga bila kembali tersumbat hal ini akan menjadi masalah serius karena bisa mengganggu aktivitas kerja kita bukan?

Selain bisa mengganggu aktivitas, hidung tersumbat ini juga sering membuat kita kesulitan untuk mencari cara bernapas apalagi jika kita menderita asma. Bahkan yang lebih menjengkelkannya lagi ialah ketika kita hendak istirahat atau tidur, hidung tersumbat ini datang sehingga membuat kita kesulitan untuk istirahat dengan tenang.

Melihat masalah ini termasuk sebagai masalah serius yang harus segera disembuhkan, tentu ada baiknya bagi Anda untuk mengerti cara mengobati hidung tersumbat dengan benar. Kira-kira seperti apa ya caranya? Selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Begini Cara Mengobati Hidung Tersumbat

Cara Mengobati Hidung Tersumbat dengan Benar

Dibawah ini ada beberapa cara mengobati hidung tersumbat dengan benar menurut para dokter. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Konsumsi Air Putih Dalam Jumlah Banyak

Cara mengobati hidung tersumbat pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Air putih ini nantinya akan membuat lendir Anda menjadi lebih cair sehingga mudah dikeluarkan dari hidung. Selain itu air putih ini juga bisa mencegah sinus tersumbat didalam hidung. Adapun manfaat lain dari air putih ini ialah mampu membuat kondisi hidung dan tenggorokan kembali lembab sehingga tidak memperparah keadaan.

Rajin Mengeluarkan Ingus Atau Lendir

Cara mengobati hidung tersumbat kedua ialah dengan rajin mengeluarkan ingus atau lendir yang ada didalam hidung. Seperti yang kita ketahui, ketika kita rajin mengkonsumsi air putih, jelas lendir atau sinus tadi akan encer sehingga Anda harus rajin mengeluarkannya dari dalam hidung. Adapun cara terbaik mengeluarkan ingus atau lendir yang ada didalam hidung ialah dengan menutup salah satu lubang hidung yang lain. Hal ini sangat penting diperhatikan agar kuman tidak kembali ke hidung atau ke telinga Anda (menurut pakar TBC).

Menghirup Uap Air Hangat

Cara mengobati hidung tersumbat yang ketiga ialah dengan rajin menghirup uang air hangat. Uap air hangat ini nantinya akan membuat lendir Anda kembali encer sehingga sangat mudah untuk mengeluarkannya. Selain itu, banyak para dokter juga menganjurkan untuk mandi air hangat agar kondisi badan Anda kembali optimal dan lendir lebih banyak keluar.

Konsumsi Kombinasi Minuman Panas

Adapun cara keempat dalam mengatasi hidung tersumbat bisa dengan mengkonsumsi kombinasi minuman panas antara teh herbal dan madu. Dalam hal ini Anda bisa membuat minuman teh madu panas atau hangat yang harus dikonsumsi sebelum tidur. Nantinya, kandungan zat aktif yang terdapat pada madu dan teh herbal akan membuat flu dan hidung tersumbat Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dan jika perlu sebelum tidur Anda harus menambahkan bantal ekstra agar tidur Anda tidak diganggu dengan hidung tersumbat lagi.

Nah itulah tadi beberapa cara mengobati hidung tersumbat dengan benar menurut dokter yang bisa kami sampaikan. Melihat beberapa cara diatas cukup mudah untuk dilakukan, tentu ada baiknya bagi Anda untuk mencobanya satu persatu ya! Namun jika dirasa selama 10 hari lebih hidung tersumbat Anda tidak kunjung sembuh dan justru tambah parah, maka langsung saja Anda periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat!

Show Buttons
Hide Buttons