Cara Mengobati Mata Bintitan Secara Alami

Diposting pada

Cara Mengobati Mata Bintitan – Bintitan merupakan salah satu gangguan mata yang sering menyerang siapa saja. Dalam hal ini kondisi mata bintitan biasanya ditandai dengan adanya bintil yang terdapat diluar kelopak mata. Namun tak jarang juga banyak yang mengalami bintitan didalam kelopak mata. Tentunya, bintitan yang terjadi didalam kelopak mata jauh lebih sakit dibandingkan dengan bintitan yang terjadi diluar kelopak mata. Namun Anda tenang saja, karena bintitan tidak akan mengganggu kemampuan penglihatan bagi pengidapnya.

Adapun penyebab dari mata bintitan ini ialah karena adanya bakteri stafilokokus didalamnya. Sedangkan untuk gejala dari mata bintitan ini bisa Anda temukan seperti mata merah berair, kelopak mata yang mulai membengkak dan akan terasa nyeri ketika dipegang menggunakan tangan kotor, serta seringnya muncul kotoran mata di sekeliling kelopak mata. Nah bagi Anda yang saat ini sedang menderita mata bintitan, kami punya cara mengobati mata bintitan dengan baik dan benar. Selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Cara Mengobati Mata Bintitan

Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Benar

Dibawah ini ada beberapa cara mengobati mata bintitan dengan baik dan benar yang bisa Anda coba. Selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Biarkan Sembuh Secara Alami

Sejatinya bintitan merupakan gangguan mata yang akan sembuh dengan sendirinya sekalipun tidak Anda obati. Biasanya, rentan waktu sembuh mata bintitan ini antara 7 – 15 hari. Dalam hal ini bintitan akan mengeluarkan nanah dan pecah dengan sendirinya sekalipun tidak Anda obati. Akan tetapi ingat ya, jangan sampai Anda memecahkan bintil itu sendiri karena takut terkena infeksi nantinya. Jadi, cara mengobati mata bintitan yang tepat ialah membiarkannya sembuh dengan sendirinya.

Jangan Gunakan Kosmetik

Cara mengobati mata bintitan yang kedua ialah dengan menghindari penggunaan kosmetik. Hal ini sering kali kita dapati wanita yang menggunakan kosmetik sekalipun dirinya sedang mengalami bintitan. Alhasil bintitan yang ia alami tidak akan cepat sembuh dan justru akan berlama-lama singgah di kelopak matanya.

Kompres dengan Air Hangat

Cara mengobati mata bintitan yang ketiga ialah dengan mengkompresnya menggunakan air hangat. Dalam hal ini banyak dokter yang menganjurkan untuk mengompres mata sebanyak 3 sampai 6 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan mata bintitan sekaligus menjaga kesehatan mata dari serangan zat allergen yang bisa memicu mata bengkak. Usahakan ketika mengompres mata menggunakan air hangat, kondisi air hangatnya harus hangat-hangat kuku ya!

Jangan Gunakan Lensa Kontak

Selain menggunakan kosmetik, penggunaan lensa kontak ketika mata mengalami bintitan juga harus dihindari menurut dokter ahli mata.

Minum Obat Pereda Nyeri

Jika Anda sering kali mengalami bintitan dengan nyeri berat di sekitar kelopak mata, maka dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk Anda konsumsi. Obat ini selain berfungsi meredakan nyeri pada mata Anda, obat ini juga akan membuat Anda merasa rilek sekaligus bisa mempercepat proses penyembuhan.

Konsumsi Zat Antibiotik

Terkadang ada juga dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi obat zat antibiotik karena dirasa bintitan yang dialami oleh seseorang dianggap serius. Namun bagi Anda yang bingung apakah bintitan Anda termasuk serius atau tidak, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum mulai mengkonsumsi obat-obatan ya!

Nah itulah tadi beberapa cara mengobati mata bintitan yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua. Melihat beberapa cara diatas cukup mudah untuk dilakukan, tentu kami yakin Anda bisa mengobati mata bintitan dengan cepat dan praktis J