Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui

Diposting pada

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui – Kata orang, gigi berlubang itu rasanya lebih menyakitkan dibandingkan putus cinta. Anda yang pernah atau bahkan sedang mengalami gigi berlubang pasti setuju dengan pernyataan tersebut. Gigi berlubang memang penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Itu semua karena memang mayoritas masyarakat Indonesia masih belum mementingkan perawatan gigi.

Biasanya orang baru datang ke dokter ketika gigi sudah mulai berlubang. Jika sudah terlanjur berlubang, biasanya dokter akan menyarankan beberapa cara mengobati gigi berlubang tersebut.

Namun umumnya, orang hanya mengetahui 2 cara mengobati gigi berlubang saja yaitu mencabutnya atau menambal. Padahal selain itu masih ada cara lain yang disarankan oleh dokter.

Mau tau apa saja cara mengobati gigi berlubang yang disarankan oleh dokter selain menambal atau mencabutnya? Temukan jawabannya di artikel ini.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Cara Mengobati Gigi Berlubang dengan Pemasangan Crown dan Menggunakan Floride

Selain mencabut dan menambal, dokter gigi biasanya juga memberikan saran untuk mengatasi masalah gigi berlubang dengan cara memasang crown maupun menggunakan floride.

Seperti apakah cara mengobati gigi berlubang menggunakan floride dan pemasangan crown itu? Mari simak penjelasannya lebih lengkap.

  • Mengatasi gigi berlubang dengan cairan floride

Cairan floride adalah salah satu cairan yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Namun demikian, cairan ini hanya bisa membantu jika masalah gigi berlubang baru berada di stadium awal.

Artinya, cairan floride ini hanya efektif untuk mengatasi lubang pada gigi yang belum terlalu besar.

Lalu bagaimana cara mengobati gigi berlubang menggunakan cairan floride ini? Mengatasi gigi berlubang menggunakan cairan floride ini cukup sederhana. Anda hanya perlu mengoleskan dan menggosokkan cairan floride pada gigi yang berlubang.

Hal ini biasanya harus dilakukan oleh dokter gigi, terutama jika gigi yang berlubang berada di posisi yang sulit dijangkau.

Fungsi dari cairan floride ini adalah untuk membantu melapisi kembali permukaan gigi yang sudah mulai rusak. Dengan menggosokkan cairan floride ini, diharapkan lubang pada gigi tidak bertambah luas.

Cairan floride ini juga harus dioleskan kembali dalam kurun waktu tertentu. Oleh sebab itu, anda wajib kontrol kesehatan gigi ke dokter secara berkala jika sudah menjalani pengobatan gigi menggunakan cairan floride ini.

  • Mengatasi gigi berlubang dengan pemasangan crown

Cairan floride sayangnya hanya bisa digunakan untuk mengatasi masalah gigi berlubang pada stadium awal saja. Jika lubang pada gigi sudah terlalu besar, cairan floride sudah tidak bisa digunakan lagi sebagai solusinya.

Untuk gigi yang lubangnya sudah cukup luas, dokter biasanya akan menyarankan anda untuk melakukan pemasangan crown. Cara mengobati gigi berlubang dengan melakukan pemasangan crown ini adalah solusi yang disarankan dokter sebelum melakukan pencabutan.

Fungsi crown tersebut adalah menggantikan mahkota gigi yang sudah berlubang. Secara mudahnya, crown ini adalah penutup lubang gigi.

Untuk memasang crown pada gigi yang berlubang, dokter perlu membersihkan area gigi yang berlubang terlebih dahulu dari karang maupun dari bakteri. Setelah proses pembersihan selesai, barulah crown bisa dipasang di gigi yang berlubang.

Sekarang anda sudah tahu bukan bahwa cara mengobati gigi berlubang itu tidak selalu dengan cara menambal atau mencabut. Masih ada cara mengobati gigi berlubang lain yang disarankan oleh dokter sebelum melakukan pencabutan.

Incoming search terms:

  • cara mengatasi sakit gigi yg blm berlobang