Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Diposting pada

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan  – Salah satu masalah mulut yang sering dialami oleh kebanyakan wanita ialah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan akan membuat penderitanya sering demam secara tiba-tiba dan tidak enak badan. Selain itu, ketika digunakan untuk menelan maka tenggorokan akan terasa sangat sakit dan kadang disertai nyeri.

Gejala dari sakit tenggorokan sendiri terkadang bisa dijumpai dengan suara serak dan bau mulu tidak sedap. Bagi Anda yang saat ini sedang menderita sakit tenggorokan, ada baiknya Anda membaca ulasan di bawah ini untuk segera mengobatinya. Berikut cara mengobati sakit tenggorokan dengan cepat dan tepat yang bisa Anda lakukan!

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan dengan Cepat dan Tepat

Dibawah ini ada beberapa cara mengobati sakit tenggorokan dengan cepat dan tepat yang bisa Anda lakukan. Selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Teh Hangat

Cara mengobati sakit tenggorokan pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengkonsumsi teh hangat. Kandungan zat yang terdapat didalam daun teh terbukti ampuh dalam mengurangi sakit yang disebabkan oleh sakit tenggorokan. Bukan hanya itu saja, akan tetapi dengan mengkonsumsi teh hangat secara rutin, maka sakit tenggorokan yang kita derita akan sembuh dengan sendirinya. Caranya, buatlah teh hangat seperti pada umumnya. Anda juga bisa menambahkan madu supaya lebih nikmat.

Mengkonsumsi Jahe

Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami kedua ialah dengan menggunakan jahe. Jahe sendiri merupakan salah satu tanaman TOGA yang sudah terbukti khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk sakit tenggorokan. Kandungan ekspektoran yang terdapat dalam jahe dapat membantu melonggarakan saluran pernapasan serta mengeluarkan lendir yang menghambat kerja saluran pernapasan. Selain hal itu, jahe juga berkhasiat dalam membantu menyebarkan oksigen kedalam aliran darah agar seluruh komponen tubuh menjadi sehat dan lebih optimal. Caranya, cukup dengan membuat minuman jahe hangat dan diseduh. Anda bisa melakukannya dengan membuat teh jahe hangat agar lebih nikmat.

Madu dan Lemon

Madu dan Lemon merupakan bahan alami yang didalamnya terkadung beberapa zat penting guna mengembalikan keadaan tubuh menjadi normal. Disamping itu, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam madu dan lemon sudah terbukti ampuh dalam mengobati sakit tenggorokan. Caranya, buatlah minuman hangat dari campuran lemon dan madu. Seduhlah secara teratur pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

Konsumsi Permen Pelega Tenggorokan

Cara mengobati sakit tenggorokan yang keempat ialah dengan rajin mengkonsumsi permen pelega tenggorokan. Dalam hal ini permen pelega tenggorokan akan membuat produksi air liur menjadi banyak sehingga tenggorokan akan selalu lembab dan tidak terasa sakit lagi. Atau alternatif lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan rajin mengkonsumsi air putih agar tenggorokan tidak menjadi kering lagi.

Batasi Bicara

Banyak dokter menyarankan bagi penderita sakit tenggorokan untuk membatasi bicara sebagai langkah tercepat dalam cara mengobati sakit tenggorokan. Dalam hal ini Anda juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi resep antiobiotik yang bisa Anda dapatkan dari periksa ke dokter. Apabila diperlukan tindakan lebih lanjut jika dirasa sudah parah, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lebih dalam lagi sehingga Anda akan mendapatkan obat dalam jenis yang banyak.

Nah itulah tadi 5 cara mengobati sakit tenggorokan yang benar, yang bisa Anda coba praktikkan. Melihat beberapa cara diatas cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja, tentu kami yakin Anda akan sembuh dalam beberapa hari saja. Namun jika sudah lewat 10 hari namun belum sembuh, kami sarankan untuk pergi ke dokter ya !