Cara Mudah Mengobati Sariawan di Lidah

Cara Mudah Mengobati Sariawan di Lidah

Diposting pada

Cara Mudah Mengobati Sariawan di LidahSariawan atau dikenal dengan stomatitis merupakan peradangan pada bagian mulut dan lidah. Sariawan pada lidah pada umumnya terjadi karena lidah tergigit dan karena pola makan yang tidak sehat. Sariawan bukan penyakit parah, namun sariawan akan terasa perih jika tidak segera ditangani. Beberapa orang yang tidak nafsu makan, jika memaksanya makan maka akan terasa perih pada bagian yang terkena sariawan.

Sariawan bisa terletak tidak beraturan, ada yang bagian tepi bahkan hingga bagian dalam mulut. Bentuk sariawan juga tidak beraturan, ada yang berbentuk oval, bulat dan ada yang berbentuk lonjong. Jika sariawan tidak segera ditangani akan berdampak buruk bagi kesehatan dan menurunnya nafsu makan. Berikut beberapa cara mengobati sariawan pada lidah.

Cara Mudah Mengobati Sariawan di Lidah

Cara Mudah Mengobati Sariawan di Lidah

  1. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut adalah langkah utama dalam mencegah sariawan. Mencegah kebersihan mulut juga bisa dengan cara menggosok gigi 3 hari sehari. Saat pagi, sore dan ketika sebelum tidur. Selain menggosok gigi, menjaga kebersihan mulut juga bisa dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur berguna untuk menghilangkan kuman pada sela-sela gigi dan mengurangi kerak gigi.

  1. Menghindari Makanan Pedas atau Asam

Dengan menghindari makanan pedas dan asam akan membantu mengurangi sariawan pada lidah. Mengonsumsi makanan pedas dapat memperparah sariawan. Sariawan akan terasa bengkak dan bisa mengeluarkan darah. Selain menghindari makanan pedas dan asam, penderita sariawan juga sebaiknya tidak memakan makanan dengan suhu yang panas. Hal ini akan menyebabkan sariawan melepuh.

  1. Berkumur Air Garam

Cara yang efektif untuk mengobati sariawan adalah dengan berkumur dengan menggunakan air garam. Pilih lah garam yang mengandung yodium yang tinggi. Caranya dengan mengambil satu gelas air hangat, lalu campurkan 2 sendok garam. Gunakan air garam untuk berkumur 3 kali dalam satu hari.

  1. Minum Yoghurt

Yoghurt adalah hasil susu fermentasi yang baik manfaatnya bagi kesehatan. Selain, bermanfaat bagi tubuh yoghurt juga bisa menyembuhkan sariawan. Yoghurt akan membantu menetralisir bakteri dalam mulut, sehingga mengurangi penyebab sariawan. Konsumsi yoghurt secara langsung dengan meminumnya atau dengan dicampurkan dengan salad.

  1. Baking Soda

Baking soda terbukti efektif untuk menyembuhkan sariawan. Baking soda dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan bakteri pemicu sariawan. Caranya dengan mengambil baking soda 3 sdm lalu campurkan dengan air. Aduk hingga merata dan gunakan untuk berkumur. Gunakan 2 kali dalam sehari. Baking soda akan bekerja untuk menyembuhkan sariawan yang meradang.

  1. Bawang Merah

Bawang merah terbukti secara medis bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Bawang merah dapat membunuh bakteri penyebab sariawan secara cepat. Caranya mudah dengan memotong bawang merah menjadi 2 bagian, lalu oleskan pada sariawan yang meradang. Meski menggunakan bawang merah akan timbul rasa perih, namun bawang merah diyakini mengobati sariawan secara cepat.

Beberapa langkah diatas dapat dilakukan untuk penyembuhan sariawan. Jagalah kebersihan mulut Anda, karena dengan menjaga kebersihan mulut dapat terhindar dari resiko sariawan dan penyakit mulut lainnya. Rajinlah sikat gigi minimal 3 kali dalam sehari pada pagi, sore dan malam menjelang tidur. Semoga Bermanfaat.

 

 

Incoming search terms:

  • pusing melayang dan mual