definisi penyakit katarak

Definisi Penyakit Katarak adalah

Diposting pada

Menurut definisinya, katarak adalah jenis penyakit mata yang disebabkan adanya semacam kabut di lensa mata yang apabila sudah parah dapat mengakibatkan kebutaan. Kabut pada lensa mata tersebut tentu saja menjadi penghalang bagi penglihatan. Normalnya lensa mata itu jernih dan tranparan, namun apabila sudah ada katarak maka lensa mata tidak jernih lagi sehingga cahaya tidak dapat masuk ke retina mata. Oleh sebab itu katarak sering juga disebut dengan istilah kabut lensa.

Bagaimana rasanya menjadi orang yang menderita penyakit katarak? Coba bayangkan jika Anda melihat ke arah jendela kaca yang berembun, atau seperti adanya uap air, seperti itulah pandangan penderita katarak.

definisi penyakit katarak
gambaran penyakit katarak

Biasanya penyakit katarak berkembang secara perlahan, sehingga beberapa orang terkadang tidak menyadarinya. Seiring bertambahnya usia maka katarak akan semakin terasa dan akhirnya sangat mengganggu pandangan. Nah, apabila penyakit katarak masih belum parah maka dapat dilakukan operasi katarak oleh dokter spesialis.

Penyebab penyakit katarak sangat beragam. Umumnya memang karena faktor bertambahnya umur. Ada pula faktor karena penyakit diabetes, pemakaian obat-obatan, dan seringnya mata terkena sinar matahari langsung. Penyebab karena keturunan juga dapat ditemukan pada beberapa kasus.

Setelah mengetahui difinisi penyakit katarak dan penyebabnya, maka penting bagi kita untuk melakukan pencegahan. Sebab mata adalah jendela bagi setiap orang untuk melihat keindahan dunia. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit katarak adalah:

  • Hindari menatap matahari secara langsung. Anda juga sebaiknya menggunakan kacamata hitam apabila sering beraktivitas dengan intensitas sinar matahari yang tinggi. Kacamata yang direkomendasikan adalah kacamata hitam yang bisa menyaring 75 – 90 persen dari cahaya serta dapat menghadang sinar ultraviolet.
  • Perbanyak makan sayuran dan buah, terutama yang mengandung vitamin E dan vitamin C.
  • Biasakan untuk mengecek kadar gula darah karena katarak juga dapat menjadi penyakit turunan dari diabetes.

Itulah tadi penjelasan mengenai penyakit katarak. Menjaga kesehatan mata tentu sangat penting. Para dokter menyarankan agar Anda melakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 2 atau 4 tahun, tergantung usia. Semakin lanjut usia Anda sebaiknya semikin sering melakukan pemeriksaan.

Loading...