Faktor Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Diposting pada

Faktor Yang Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi – Darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah yang terdapat pada dinding pembuluh darah bersih (arteri) meningkat, kondisi seperti ini juga sering disebut sebagai pembunuh diam – diam dikarenakan jarang adanya gejala yang jelas sehingga satu – satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahuinya adalah dengan selalu memeriksa tekanan darah Anda, untuk berjaga – jaga sebaiknya Anda memeriksakan tekanan darah secara berkala.

Hipertensi atau darah tinggi sendiri merupakan suatu penyakit yang sudah umum diderita oleh masyarakat, berdasarkan riset yang dilakukan menunjukkan penderita darah tinggi yang usianya berada di atas 18 tahun mencapai 25,8 persen dari jumlah total penduduk di Indonesia dengan jumlah penderita dari jenis kelamin laki – laki lebih banyak daripada penderita dari jenis kelamin perempuan. Jika tidak ditangani dengan baik maka penyakit ini bisa berbahaya, oleh karena itu marilah kita kenali faktor – faktor penyebab darah tinggi.

batuk darah

Faktor Yang Dapat Menyebabkan Darah Tinggi

  1. Makanan Berlemak

Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah makanan berlemak yang mana makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi ini antara lain adalah bagian daging tertentu dan makanan yang digoreng. Lemak yang terkandung dalam makanan ini semakin lama akan semakin menumpuk di dinding pembuluh darah Anda sehingga hal ini akan menyebabkan penyakit darah tinggi.

  1. Jenis Kelamin

Jenis kelamin menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab penyakit darah tinggi di mana kaum pria di sini memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit darah tinggi jika dibandingkan dengan kaum wanita. Namun bukan berarti kaum wanita bisa terbebas dari penyakit darah tinggi apalagi jika melakukan pola hidup yang tidak sehat seperti malas berolah raga dan merokok.

  1. Konsumsi Alkohol

Faktor ketiga yang juga bisa menjadi penyebab darah tinggi adalah alkohol yang mana jika seseorang banyak mengkonsumsi alkohol maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah dapat meningkatkan resiko terhadap penyakit darah tinggi sehingga untuk mencegah penyakit tersebut maka sebaiknya Anda menghentikan atau mengurangi konsumsi alkohol.

  1. Bermalas – malasan

Faktor keempat yang juga menjadi salah satu penyebab penyakit darah tinggi adalah bermalas – malasan karena jika Anda sering bermalas – malasan maka tidak hanya membuat perut Anda semakin lebar tetapi juga dapat meningkatkan resiko terkena penyakit darah tinggi, sehingga untuk mengatasinya cobalah untuk lebih banyak melakukan aktivitas seperti misalnya berolah raga secara teratur.

  1. Garam

Faktor kelima yang juga bisa menjadi penyebab terjadinya penyakit darah tinggi adalah sensitivitas seseorang terhadap garam karena ada sebagian orang yang memiliki darah yang sensitif terhadap asupan garam di mana jika orang tersebut mengkonsumsi makanan yang mengandung garam maka tekanan darah orang tersebut akan mengalami peningkatan yang cukup drastis.

Penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita, oleh karena itu Anda harus mengenali beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit darah tinggi.