Gangguan Pencernaan

Diposting pada

Gangguan pencernaan merupakan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan satu atau beberapa organ dari sistem pencernaan secara bersamaan. Sistem pencernaan memiliki tugas dalam menerima makanan, mencerna hingga menjadi nutrisi yang dapat diserap untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh tubuh melalui darah. Selain itu, sistem pencernaan juga bertugas memisahkan dan membuang bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna seperti serat.

gangguan pencernaan

Simptom dan Gejala Penyakit

Gangguan pencernaan biasanya erat hubungan dengan makan. Gejala ini biasanya datang segera setelah makan atau minum. Gejala tersebut diantaranya adalah perut terasa penuh, berat atau tidak nyaman setelah makan. Perut kembung, mual, muntah dan bersedawa. Penderita juga bisa mengalami rasa terbakar pada bagian belakang tulang dada.

Diagnosa

 Dilakukan pemeriksaan sederhana seperti pemeriksaan darah dan air kemih lengkap, dan kemudian pemeriksaan darah yang lebih rumit dan pemeriksan rontgen dan USG dari kandung empedu, pankreas, lambung dan usus.

 

Patofisiologi­­

Banyak faktor penyebab gangguan pada Sistem Pencernaan, antara lain

  1. pola makanan yang salah
  1. infeksi bakteri dan mikroba lainnya atau organisme cacing dll
  2. karena adanya kelainan pada alat pencernaan makanan baik pada saluran maupun kelenjarnya, pada salurannya artinya pada organ yang dilalui makanan ada gangguan misalnya ada tumor / kanker , infeksi , pelebaran pembuluhnya atau ada materi yang macet di saluran itu , sedang pada organ kelenjar yang tidak dilalui makanan namun membantu pencernaan, kelenjar itu misalnya terkena infeksi , terkena kanker dll

Pengobatan Gangguan Pencernaan

 Rutin berolahraga dan menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan, banyak minum cairan, mencukupi kebutuhan serat, dan tidak menahan buang air besar. Selain itu, hindarilah obat-obatan yang memiliki efek samping konstipasi.

Incoming search terms:

  • penyakit sistem pencernaan yang berkaitan erat dengan sistem organ lain