Gejala-gejala Aritmia Jantung dan Penjelasannya

Gejala-gejala Aritmia Jantung dan Penjelasannya

Salah satu jenis gangguan jantung yang sering terjadi adalah aritmia jantung. Kondisi medis ini merupakan keadaan dimana jantung tidak berdetak secara normal. Detak jantung bisa terlalu cepat atau juga bisa terlalu lambat. Ketidak teraturan tersebut adalah sebuah ketidak normalan dan gangguan pada jantung.

Detak jantung diatur oleh impuls elektrik yang ada di dalam jantung. Pada kasus aritmia jantung, impuls tersebut mengalami gangguan dan tidak bekerja dengan baik, seperti yang seharusnya. Akibatnya, detak jantung menjadi tidak beraturan.

aritmia jantung

Beberapa Jenis Aritmia Jantung

Aritmia jantung mempunyai beberapa jenis dan tipe tertentu. Beberapa tipe tersebut antara lain adalah :

  • Takikardia
    Ini merupakan sebuah kondisi medis di mana jantung berdetak dengan terlalu cepat. Hal ini membuat jantung berkontraksi dengan keras sehingga menyebabkan ketegangan pada otot jantung.
  • Bradikardia
    Kondisi medis ini terjadi dimana jantung seseorang berdetak terlalu lambat. Hal ini dapat menyebabkan pasokan nutrisi yang mengalir di dalam darah tidak bisa disebarkan dengan sempurna. Akibatnya, muncul perasaan lelah dan lemas pada tubuh seseorang yang mengalaminya.
  • Fibrilasi Ventrikel
    Sebuah kondisi medis yang berhubungan denga jantung, dimana seseorang bisa kehilangan fokus dan kesadarannya. Aritmia jenis ini sering menjadi salah satu penyebab kematian mendadak
  • Fibrilasi Atrium
    Kondisi ini terjadi pada detak jantung tidak normal, tidak dapat diklasifikasikan berdetak terlalu lambat atau terlalu cepat. Fibrilasi atrium dapat menyebabkan munculnya ketegangan pada berbagai organ tubuh, dan tidak jarang bisa menyebabkan seseorang terkena stroke.

Apa Saja Gejala-gejala Aritmia Jantung?

Seseorang yang mengalami aritmia jantung harus segera memeriksakan diri ke dokter, agar mendapat penanganan yang seharusnya. Adapun gejala-gejala yang bisa dijadikan pertanda bahwa seseorang tersebut mengalami aritmia jantung, antara lain adalah :

  • Kelelahan
    Mengalami kelelahan merupakan salah satu gejala yang terjadi pada seseorang yang mengalami aritmia jantung. Ketika jantung tidak berdetak seperti yang seharusnya, maka aliran darah pun tidak dapat disalurkan secara sempurna. Hal ini dapat mengganggu penyebaran nutrisi di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh seseorang yang mengalami aritmia dapat mengalami kelelahan.
  • Sesak Nafas
    Seseorang yang bermasalah dengan jantun bisa mengalami sesak nafas. Hal ini masih berkaitan dengan kelelahan pada organ tubuh. Sistem pernafasan dan metabolisme tubuh juga mungkin akan mengalami kelelahan, akibat jantung yang tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, muncul sesak nafas pada bagian paru-paru, karena organ tersebut mengalami kelelahan juga.
  • Nyeri Pada Dada
    Lelahnya otot jantung bisa menjadi salah satu penyebab muncul nyeri pada dada. Jika otot tersebut lelah, maka fungsinya tidak lagi lentur dan dapat mengakibatkan nyeri pada jantung.
  • Berkeringat
    Seperti seseorang yang mengalami kelelahan pada umumnya. Orang yang otot jantungnya bekerja ekstra kerasa akan mengalami kelelahan organ yang menyebabkan keluarnya cairan. Hal ini tidak boleh dibiarkan, karena pada jangka waktu tertentu dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Merasa Gelisah
    Perasaan gelisah dan kondisi medis jantung biasanya sangat berkolerasi. Perasaan stres dan kebanyakan pikiran akan membuat jantung berdetak lebih kencang, bahkan muncul berbagai gangguan lain pada jantung itu.
  • Pingsan
    Fungsi jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh sangatlah vital bagi semua organ. Ketika jantung tidak melakukan tugasnya dengan baik, maka ada beberapa organ yang mungkin akan mengalami gangguan. Hilangnya kesadaran bisa menjadi salah satu pertanda, bahwa jantung tidak bekerja dengan baik.

Semua gejala-gejala aritmia jantung harus segera mendapatkan penanganan yang serius. Kita semua setuju bahwa jantung merupakan organ paling penting yang ada di dalam tubuh manusia.

 

Incoming search terms:

  • gejala aritmia jantung
  • gejala aritmia
  • gejala artima
Show Buttons
Hide Buttons
error: Content is protected !!