gejala dehidrasi

Gejala-gejala Dehidrasi Berat dan Ringan

Diposting pada

Dehidrasi atau kekurang cairan, biasanya terjadi pada orang yang melakukan aktivitas berat dan kehilangan banyak cairan tubuh. Cairan tersebut keluar melalui keringat saat dia melakukan aktivitas yang begitu menguras fisik. Dehidrasi harus segera diatasi, jika tidak dapat menyebabkan berbagai kondisi dari ringan hingga berbahaya.

Dehidrasi sendiri bisa berupa dehidrasi ringan, bisa juga dehidrasi berat. Dehidrasi berat inilah yang bisa menyebabkan berbagai kondisi medis yang berbahaya.

gejala dehidrasi

Gejala-gejala Dehidrasi 

Sebelum kita melangkah pada bagian penanganan dehidrasi, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu ejala-gejala dari dehidrasi tersebut. Inilah beberapa gejala dehidrasi yang munkin terjadi :

  • Merasa Haus
    Kurangnya minum bisa juga menyebabkan dehidrasi, dan kurangnya supan cairan ke dalam tubuh. Jika seseorang kurang minum, tentunya akan merasakan kehausan dan ingin segera minum. Penuhilah kebutuhan air tersebut, hingga rasa haus hilang.
  • Mulut Kering
    Karena cairan terkuras keluar tubuh atau kurangnya asupan cairan, maka tidak heran mulut menjadi kering. Ini merupakan bagian dari gejala dehidrasi yang ringan dan bisa segera diatasi dengan minum.
  • Penurunan Intensitas Kencing
    Kencing yang sehat adalah yang tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang. Nah, pada seseorang yang mengalami dehidrasi, intensitas kencing akan menurun. Jika biasanya seseorang kencing beberapa kali dalam sehari, maka jumlah tersebut dapat menurun. Bahkan, air kencing yang ada pun menjadi lebih sedikit jumlahnya.
  • Warna Urin Berubah
    Warna urin yang sehat adalahjernih dan bening. Jika seseorang mengalami perubahan warna urin menjadi lebih gelap dan pekat, maka kemungkinan orang tersebut mengalami dehidrasi. Hal ini harus segera diatasi dengan menghilangkan dehidrasi dari tubuh.
  • Sembelit
    Air sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan, termasuk untuk melumasi feses. Jika tubuh kekurangan air, maka feses akan menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Dengan begitu dapat disimpulkan, orang yang dehidrasi bisa mengalami sembelit.
  • Cepat Lelah
    Lelah bisa diakibatkan dari kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh. Seseorang yang mengalami dehidrasi cenderung malas dan lemas untuk melakukan sesuatu. Asupan tenaga berkurang akibat dari kurangnya pasokan cairan yang ada di dalam tubuh.
  • Tak Keluar Air Mata
    Air mata merupakan salah satu cairan yang ada di dalam tubuh. Saat menangis, air mata bisa tidak keluar pada seseorang yang mengalami dehidrasi. Hal ini harus segera diatasi, dengan mengatasi dehidrasi yang mendera.
  • Keringat Sedikit
    Keringat merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sehat. Ketika seseorang melakukan aktivitas berat, maka dia akan memproduksi keringat yang banyak. Pada seseorang yang mengalami dehidrasi, keringat yang keluar menjadi sedikit.
  • Kehilangan Konsentrasi
    Kurangnya asupan air yang cukup, dapat menyebabkan kesulitan untuk berkonstrasi. Itulah mengapa, seseorang yang sedang bekerja harus minum air secara cukup agar konsentrasi dapat terjaga dengan sangat baik.
  • Tekanan Darah Rendah
    Pada kondisi lanjut, seseorang yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan tekanan darah yang rendah. Periksalah tekanan darah secara rutin, untuk mengetahui apakah hal itu normal.
  • Demam
    Seseorang yang sudah mengalami dehidrasi parah, maka akan mengalami demam. Jika hal ini dibiarkan, dapat memperparah kondisi demam sekaligus dehidrasi dari orang tersebut.

Konsumsi cairan yang cukup sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Pada kondisi aktivitas normal, setiap orang membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap harinya. Kebutuhan cairan ini bisa meningkat jika aktivitas yang dilakukan juga meningkat. Saat bekerja, pastikan kita selalu minum secara berkesinambungan, sesuai dengan kebutuhan.

 

Incoming search terms:

  • dehidrasi dan kencing
  • gejala dehidrasi
  • tanda dan gejala dehidrasi berat