Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke

Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke

Diposting pada

Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke – Stroke, penyakit yang satu ini tentunya sudah sangat sering terdengar di telinga Anda. Penyakit Stroke sendiri merupakan kondisi pada saat pasokan darah yang menuju ke otak terputus akibat adanya penyumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah, hal ini akan mengakibatkan terjadinya kematian sel pada sebagian area yang ada di otak. Penyakit stroke sendiri merupakan suatu penyakit yang tergolong serius dan jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat dapat berakibat fatal.

Penanganan cepat pada penderita stroke sangatlah penting untuk dilakukan karena ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi yang menuju ke otak akan terputus sehingga menyebabkan sel – sel otak akan mati, karena itu semakin cepat penanganan pada penderita stroke maka resiko kerusakan pada otak atau bahkan terjadinya kematian pun akan semakin kecil atau bisa dihindarkan. Jika Anda penasaran pada penyakit yang satu ini maka simaklah ulasan mengenai penyakit stroke di bawah ini.

Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke

Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Stroke

  1. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok yang banyak dilakukan oleh orang merupakan salah satu penyebab dari penyakit stroke karena rokok banyak mengandung zat berbahaya yang dapat mengakibatkan pengerasan dinding pembuluh darah dan membuat darah menjadi cepat menggumpal, untuk mengatasinya maka Anda sebaiknya menghindari kebiasaan merokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan ini.

  1. Makanan Tidak Sehat

Di jaman modern ini ada banyak sekali makanan yang tidak sehat seperti misalnya junk food yang mana biasanya memiliki kandungan gizi yang tidak seimbang serta mengandung lemak dan kadar garam yang tinggi yang akan meningkatkan resiko terjadinya stroke pada seseorang, untuk mengatasinya maka Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran hijau.

  1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan yang banyak dialami oleh manusia di jaman modern seperti sekarang ini dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terserang penyakit stroke, untuk mengatasinya Anda sebaiknya melakukan diet dengan menjaga pola makan dan mengatur asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, selain itu Anda juga harus rajin berolahraga untuk membuat tubuh menjadi bugar.

  1. Gaya Hidup

Kesehatan seseorang tercermin dari gaya hidup yang dilakukannya, jika gaya hidup yang Anda lakukan tidaklah sehat seperti misalnya malas berolah raga dan memakan makanan yang tidak sehat maka akan sangat meningkatkan resiko terjadinya stroke, oleh karena itu untuk mengatasinya maka Anda bisa mengubah gaya hidup yang Anda lakukan dengan rajin berolah raga dan makan makanan yang sehat.

  1. Riwayat Medis

Faktor riwayat medis dari seseorang juga akan sangat berpengaruh terhadap resiko seseorang dalam mengalami serangan stroke, beberapa riwayat medis yang patut Anda waspadai antara lain tekanan darah tinggi, kolesterol, jantung, dan diabetes. Apabila Anda memiliki riwayat medis seperti itu maka untuk mengatasinya Anda bisa segera mengkonsultasikannya pada doker yang ahli di bidangnya.

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang sangat serius dan dapat menyebabkan akibat yang fatal sehingga Anda harus waspada terhadap gaya hidup Anda.