Hindari Penyebab Stres Secara Berlebih

Hindari Penyebab Stres Secara Berlebih

Diposting pada

Hindari Penyebab Stres Secara Berlebih – Saat kita hidup sebagai masyarakat modern maka tak jauh dari tingkat stres yang lebih tinggi. Stres di jaman sekarang lebih diartikan sebagai kegilaan yang berat. Mungkin di antara kalian pernah mengalami stres dengan memiliki gejala seperti sering pusing, susah tidur menjelang malam, hingga berat badan menurun. Stres yang dilanda dapat menjadi masalah yang mengkhawatirkan bagi kehidupan anda.

Secara teoritis, stres lebih dimaksudkan ketika seseorang mengalami tekanan baik emosi maupun mental. Terlihat begitu jelas bila seseorang sedang stres, dimana mereka akan merasa gelisah, cemas, dan mudah tersinggung. Bahayanya stres mampu mempengaruhi depresi yang ditandai dengan terganggunya konsentrasi dan mengurangi motivasi. Alangkah baiknya anda menghindari penyebab dari stres yang berlebih seperti bagian berikut ini.

Hindari Penyebab Stres Secara Berlebih

Hindari Penyebab Stres Secara Berlebih

1.Beban Pekerjaan

Ketika memasuki dunia pekerjaan, pastikan anda akan banyak melakukan tugas dan kewenangan yang ditutut agar sangat baik. Akan tetapi,  segala hal yang menyangkut pekerjaan seringkali menjadi beban yang berat. Dengan begitu, sulit rasanya untuk melaksanan secara profesional. Tentu saja akan menimbulkan gejala stres kerja, apalagi bagi yang masih berstatus sebagai karyawan biasa dalam perusahaan.

  1. Masalah Akademik

Saat permasalahan akademik muncul memang bisa menjadi penyebab stres bagi setiap orang. Umumnya stres ini dijumpai pada kalangan pelajar atau mahasiswa yang kerapkali gagal dalam menuntaskan mata pelajaran atau kuliah. Dimana nantinya mereka akan diwajibkan untuk mengulang di kesempatan selanjutnya. Tidak hanya itu, keadaan nilai dan prestasi di bawah rata-rata juga menimbulkan seseorang untuk mengalami tingkat stres.

  1. Kehilangan Anggota Keluarga

Salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan adalah hidup bersama dengan anggota keluarga atau orang-orang tercinta secara lengkap. Namun, ada kalanya anda harus kehilangan orang yang disayangi. Pastinya hal semacam ini sangat berat untuk dijalani, seperti musibah kematian mendadak pada orang tersayang. Mungkin anda sulit menerima kenyataan dan merasa bahwa tidak dapat melanjutkan hidup lagi, jadi akhirnya timbul stres.

  1. Perceraian

Hal yang sering terjadi di lingkungan sekitar adalah perceraian dari anggota keluarga. Kemungkinan besar jika perceraian muncul akan berefek pada masalah yang berkepanjangan. Bukan hanya stres yang akan timbul, tetapi juga persoalan sosial yang berimbas kepada anak-anaknya seperti kenakalan remaja maupun kemiskinan. Di samping itu, seseorang yang bercerai akan mengalami trauma mengenai pernikahan kembali.

  1. Sakit Keras

Sepertinya penyakit yang menyerang, terutama yang bersifat kronis dan sudah parah maka menimbulkan stres pada diri seseorang. Adapun efek terburuk dalam kondisi stres ini adalah memperparah keadaan penyakit kronis yang diderita. Bisa dikatakan jika penyakit kronis merupakan penyakit utama yang mematikan di dunia. Meskipun demikian, anda perlu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari sakit keras.

Menangani masalah yang timbul akibat stres maka sulit rasanya untuk menjawab. Stres memang tidak dapat menghilang secara permanen, namun anda bisa mengatasi masalah yang disebabkan olehnya. Dimana anda mesti menghindari dampak stres dengan mengelola stres secara lebih baik.