Ibu Hamil Asam Lambung Naik, Pertanda Apa

Ibu Hamil Asam Lambung Naik, Pertanda Apa?

Diposting pada

Ibu Hamil Asam Lambung Naik – asam lambung merupakan penyakit yang bisa diderita oleh segala usia seperti anak-anak, orang dewasa, lansia, hingga ibu hamil. Asam lambung disebabkan karena pada bagian antara esofaragus dan lambung yang dibatasi dengan katup bisa menutup dan terbuka. Namun untuk ibu hamil penyebabknya berbeda karena ibu hamil juga menanggung makanan untuk janin,sehingga katup otot akan sering terbuka dikarenakan pengaruh hormon. Apabila ibu hamil mengalami asam lambung tentu saja akan menganggu kesehatan bayi dan juga kesehatan ibu.

Ibu hamil asam lambung naik juga bisa disebabkan karena faktor dorongan dari berkembangnya janin biasanya terjadi saat bulan ke 2-3. Sebenarnya asam lambung juga perlu diderita oleh semua orang, dengan mengalami asam lambung dapat membunuh bakteri yang masuk dalam tubuh dan juga sebagai penstabil zat gula yang ada dalam tubuh. Namun apabila asam lambung terlalu berlebihan, tentu saja akan berakibat fatal bagi kesehatan. Nah. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengatasai ibu hamil asam lambung naik. Simak ulasan berikut ini!

Ibu Hamil Asam Lambung Naik, Pertanda Apa

Ibu Hamil Asam Lambung Naik, Pertanda Apa?

Di bawah ini ada beberapa cara mengatasi ibu hamil asam lambung naik yang wajib Anda ketahui, sehingga Anda bisa mengatasi asam lambung dengan benar dan aman. Adapun caranya diantaranya:

Mengatur pola makan

Cara mengatasi ibu hamil asam lambung naik yang pertama yaitu dengan mengatur pola makan. Mengatur pola makan memang sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Salah satunya untuk ibu hamil sangat penting sekali, sebab ibu hamil menanggung asupan makanan untuk janin. Oleh karena itu ketika ibu mengalami gejala asam lambung usahakan ibu untuk tetap makan meskipun keadaan mual dan ingin muntah. Cara makan bisa dilakukan dengan makan sedikit-sedikit namun dalam jangka waktu yang sering, minimal 1 jam sekali.

Minum susu sebelum tidur

Cara yang selanjutnya dengan minum susu hangat sebelum tidur. Minum susu sebelum tidur ternyata dapat membantu menetralkan asam lambung pada saat tidur. Untuk jenis susu bisa jenis susu apa saja, namun untuk ibu hamil usahakan untuk minum susu yang khusus ibu hamil yang mengandung protein dan kalsium yang bisa bukan hanya bisa menetralkan asma lambung tetapi juga bisa untuk menjaga kesehatan janin.

Cukup istirahat dan jangan stress

Cukup istirahat dan jangan stress bisa menjadi cara mengatasi ibu hamil asam lambung naik. Biasanya ibu hamil mengalami tekanan, rasa cemas, dan khawaitir yang berlebihan. Keadaan demikian akan menyebabkan asam lambung bisa naik. Untuk itu usahakan pada ibu hamil untuk tidak mengalami stress dan dilakukan dengan mencukupi istirahat untuk menjaga kesehatan buah hati. Apabila ibu stress juga bisa berakibat pada tumbuh kembang bayi. Usahakan untuk merasa selalu bahagia dengan keluarga atau suami.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi ibu hamil asam lambung naik yang bisa Anda terapkan agar ibu tidak akan mengalami gejala asam lambung saat hamil. Terimakasih dan semoga bermanfaat!