Akibat Gigi Berlubang yang Tidak Diatasi dengan Benar

Ini Akibat Gigi Berlubang yang Tidak Diatasi dengan Benar

Diposting pada

Cukup banyak orang yang pernah atau masih menderita sakit gigi. Biasanya, sakit gigi tersebut disebabkan oleh gigi yang berlubang. Umumnya, orang-orang baru akan berkonsultasi dengan dokter ketika gigi berlubangnya kambuh. Sebenarnya dokter gigi selalu menyarankan untuk mengatasi masalah tersebut secepat mungkin.

Namun sayangnya, mayoritas orang tidak akan kembali berkonsultasi lagi dengan dokter setelah sakit giginya sembuh. Padahal, obat yang selalu diberikan oleh dokter gigi bukanlah obat untuk mengatasi gigi berlubang. Obat tersebut hanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Setelah rasa sakit berkurang, sebenarnya dokter harus melakukan penanganan lebih lanjut untuk mengatasi masalah gigi berlubang tersebut. Apakah anda juga selalu tidak pernah kembali ke dokter setelah rasa sakit di gigi hilang? Hati-hati karena ada banyak sekali akibat gigi berlubang yang menakutkan.

Akibat Gigi Berlubang yang Tidak Diatasi dengan Benar

Bagi anda yang sampai saat ini belum mengatasi gigi berlubang sampai tuntas, ada baiknya baca terlebih dahulu beberapa akibat gigi berlubang yang tidak diatasi sampai tuntas di artikel ini.

3 Akibat Mengerikan dari Gigi Berlubang yang Tidak Diatasi Sampai Tuntas

Jika anda masih belum mengatasi gigi berlubang sampai tuntas, ada baiknya segera luangkan waktu untuk bertemu dengan dokter gigi secepat mungkin.

Kenapa? Karena jika anda terus menerus tidak mengatasi gigi berlubang sampai tuntas, ada kemungkinan anda bisa mengalami masalah kesehatan yang lebih berat lagi.

Berikut ini adalah 3 akibat gigi berlubang yang tidak diatasi dengan benar dan sampai tuntas:

  1. Berkurangnya nafsu makan

Nafsu makan tidak hanya menurun saat anda mengalami sakit gigi akibat gigi anda berlubang. Penurunan nafsu makan ini juga bisa tiba-tiba terjadi meskipun gigi anda tidak sakit lagi.

Hal ini bisa terjadi karena bakteri di dalam gigi sudah menjalar ke sistem pencernaan tubuh anda. Jika hal ini tidak segera diatasi, kemungkinan besar anda akan mengalami penurunan berat badan drastis dan bahkan bisa sampai kekurangan gizi.

  1. Fungsi jantung terganggu

Gigi berlubang yang tidak diatasi sampai tuntas juga bisa mempengaruhi kinerja dan fungsi dari organ jantung. Bakteri yang bersarang di dalam gigi bisa menyebabkan jantung mengalami kerusakan.

Hal ini bisa terjadi terutama jika gigi berlubang sampai mengalami abses. Gigi berlubang yang sampai mengalami abses sangat beresiko menyebabkan bakteri masuk kedalam aliran darah. Bakteri bisa saja masuk kedalam aliran darah melalui nanah di bawah gusi.

Jika bakteri sudah masuk di dalam aliran darah, secara otomatis darah akan menjadi lebih kental. Karena darah mengalami pengentalan, maka secara otomatis kinerja dari organ jantung akan semakin berat.

Jika hal ini dibiarkan berlangsung terus menerus, maka tidak heran jika organ jantung bisa mengalami kerusakan.

  1. Memicu stroke

Bakteri yang awalnya bersarang di dalam gigi yang berlubang juga bisa menyebabkan stroke. Hal ini bisa terjadi setelah bakteri mulai masuk kedalam aliran darah.

Ketika bakteri sudah masuk kedalam aliran darah, maka suplai oksigen dan darah yang menuju otak juga akan terhambat. Jika diteruskan, hal ini jelas bisa memicu stroke.

Setelah melihat apa saja akibat gigi berlubang yang tidak diatasi sampai tuntas tersebut, apakah anda masih berencana untuk tidak kembali berkonsultasi dengan dokter gigi setelah rasa sakit di gigi anda hilang?

Jika dibandingkan dengan akibat gigi berlubang yang sudah dijelaskan tersebut, lebih baik anda meluangkan waktu untuk kembali berkonsultasi dengan dokter mengenai kesehatan gigi anda.

Incoming search terms:

  • gigi berlubang tidak diatasi