Ini Dia Manfaat Buah Plum Yang Harus Anda Ketahui!

Diposting pada

Buah Prem atau yang lebih dikenal dengan Plum merupakan buah yang berasal dari genus prunus. Memiliki bunga yang indah saat mekar dan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ahkir-ahkir ini buah plum sering terlihat dijajahkan oleh berbagai pedagang, tidak hanya di swalayan. Tetapi Anda juga bisa menemukannya di pasar tradisional. Dalam buah plum segar, setiap 100 gramnya mengandung karbodirat 11.4 g, gula 9.9 g, serat pangan 1.4 g, lemak 0.28 g, protein 0.70, Vitamin A 345 IU, Vitamin C 9.5 mg, fosfor 16 mg dan kalium 157 mg. Sedangkan pad abuah plum kering Anda bisa menemukan kandungan nutrisi dalam per 100 gramnya terdapat energi 1.006 kJ, karbohidrat 63.88 g, lemak 0.38 g, protein 2.18 g, kalium 732 mg, fosfor 69 mg, vitamin A 781 IU, vitamin C 0,6 mg dan protein 2.18 g. Buah plum segar memiliki bentuk bulat cantik dengan warna merah atau warna kuning agak kemerahan, dan memiliki daging buah berwarna mustard.

Buah plum memiliki kandungan klorogenat, cryptoxanthin, asam neochlorogenic, zea-xanthin, fitonutrisi dan vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah plum dapat mencegah terjadinya radikal bebas seperti asap kendaraan dan juga asap rokok yang seringkali Anda temui di jalanan kota besar. Selain itu, buah plum juga baik bagi penderita diabetes. Kandungan serat pada buah plum sangat baik bagi penderita diabetes tipe 2, apalagi jika dikonsumsi secara teratur maka penderita akan terhindar dari komplikasi obesitas seperti jantung dan juga stroke. Buah plum kering memperlancar aliran darah pada arteri, hal inilah yang membuatnya mampu menjaga kesehatan jantung.Zat bioaktif yang terkandung dalam buah plum mampu menangangi sindrom metabolik. Sindrom metabolik merupakan istilah yang digunaan dalam dunia kedokteran untuk menggambarkan kondisi dimana terjadinya kombinasi dari tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar gula darah tinggi hiperglikemia), kadar kolestrol tinggi (hiperkolesterolemia) serta obesitas.

Buah plum juga baik untuk Anda yang sedang melakukan program diet. Kandungan serat pada buah plum akan membuat kesehatan pencernaan sehat. Apalagi jika Anda memiliki berat badan yang berlebihan, maka nutrisi yang dimiliki oleh buah plum mampu untuk melindungi jantung dan menghindarkan Anda dari stroke. Selain untuk obesitas, menjaga kesehatan tulang juga bisa Anda serahkan pada buah plum. Dampak osteoporosis juga tidak main-main, bisa membuat penderitanya tidak dapat berjalan. Untuk itu mengkonsumsi buah plum secara rutin bisa menjadi pilhan yang tepat. Kandungan polifenol, zat anabolic dan resorptif akan melindungi tulang.

Hidup di tengah kota besar memang menyenangkan hanya saja ada banyak polusi yang mana tidak baik untuk kesehatan. Belum lagi ketika Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat akibat segala aktivitas yang sibuk dan padat. Memasukkan buah plum sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi setiap hari merupakan hal yang baik. Buah plum mengandung flavonoid yang dapat mencegah terjadinya penurunan kognitif, sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Seperti yang Anda ketahui bahwa bertambahnya usia akan membuat seseorang mengalami penurunan kecerdasan otak. Penurunan kognitif dapat menyebabkan seseorang mengalami stroke, parkinson dan juga alzheimer. Dengan mengkonsumsi buah plum secara rutin maka otak akan terjaga kesehatannya.  Buah plum terdapat kandungan fitonutrien, yang berguna untuk mengurangi peradangan pada area neurologis dan berfungsi untuk meningkatkan memori dan fungsi belajar.

Pencernaan tubuh yang baik akan membuat kehidupan Anda menjadi baik pula. Karena pada dasarnya penyakit berasal dari dua hal, yaitu makanan yang Anda makandan pola pikir yang tidak terkontrol. Senyawa isatin dan sorbitol, dalam buah plum membantu mengatur sistem pencernaan dengan cara membantu usus untuk mencerna makanan dengan baik. Dan jika kedua senyawa ini tergabung menjadi satu maka akan berfungsi optimal untuk meluluhkan kotoran dalam perut sehingga membantu Anda lebih mudah buang air besar. Kabar baiknya lagi, kandungan senyawa isatin dan sorbitol dapat Anda temukan pada buah plum kering.

Kandungan nutrisi yang dimiliki buah plum mampu membuat sel-sel dalam tubuh menjadi lebih sehat. Pada buah plum dengan ukuran sedang mengandung 113 mg kalium, tembaga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf serta membnatu pembentukan kolagen. Kandungan tembaga pada buah plum ini juga berfungsi sebagai antioksidan. Tidak hanya itu mineral yang terkandung pada buah plum juga dapat membnatu mengurangi  resiko stroke serta menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga tekanna darah tinggi akan menjadi normal. Pada buah plum segar, Anda akan melihat warna merah pada pada buah plum merupakan pigmen kemerahan yang disebut anthocyanin yang mana berguna untuk melindungi tubuh dari kanker dan berfungsi untuk melawan radikan bebas.

Loading...