Inilah Penyakit Yang Bisa Anda Derita Jika Sering Tidur Larut Malam

Inilah Penyakit Yang Bisa Anda Derita Jika Sering Tidur Larut Malam

Diposting pada

Inilah Penyakit Yang Bisa Anda Derita Jika Sering Tidur Larut Malam Tidur memang merupakan salah satu kebutuhan bagi semua makhluk hidup, termasuk pula manusia. Tidur memiliki peranan yang penting bagi tubuh manusia, sebagai salah satu aktivitas yang bisa membantu meregenerasi sel tubuh, dan juga mengisitirahatkan kinerja organ tubuh. Selain itu, dalam siklus tidur, terjadi proses pembuangan racun dalam tubuh, dan juga pengembalian energy secara baik. Maka tidak heran, jika kualitas tidur seseorang baik, badan dan pikiran akan merasa segar dan bersemangat kembali.

Manusia memerlukan sekitar 8 jam dalam sehari untuk waktu tidurnya. Dan selain itu, jam tidur anda pun sebaiknya jangan terlalu malam, karena jika anda tidur dengan waktu yang terlampau malam, maka hal ini akan menyebabkan beberapa penyakit yang serius akan melanda tubuh anda, baik itu dirasakan dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Dan inilah beberapa daftar penyakit yang disebabkan karena sering tidur larut malam.

Inilah Penyakit Yang Bisa Anda Derita Jika Sering Tidur Larut Malam

Penyakit Yang Bisa di Derita Jika Sering Tidur Larut Malam

  1. Fungsi Otak Menurun

Tidur merupakan salah satu proses dari regenerasi sel tubuh, dan salah satu fungsi tidur yang cukup dan tidak terlampau larut adalah bisa menurunkan fungsi dari otak. Sebagaimana diketahui, bahwa otak merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting sebagai pengendali dari seluruh gerak oragn tubuh. Fungsi otak yang menurun, tentu saja akan berdampak serius dalam tubuh dan juga kesehatan anda.

  1. Obesitas

Orang yang kerap tidur terlampau malam, atau begadang, biasanya lebih cenderung lapar dan memiliki keinginan makan yang tinggi. Maka dari itu, jika orang yang tidur terlampau malam, kebanyakan akan mengalami obesitas, dan obesitas inilah yang merupakan salah satu faktor pemicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, seperti stroke, jantung, dll.

  1. Diabetes

Organ tubuh seharusnya memiliki jam istirahat yang cukup agar nantinya bisa bekerja lagi seperti biasanya. Jika anda sering tidur terlampau larut malam, maka organ tubuh yang seharusnya beristirahat, akan terus bekerja, dan hal ini, tentu saja akan menyebabkan kerusakan yang serius, dan rusaknya organ tubuh, seperti hati, pankreas, ginjal, dll, maka seseorang akan lebih mudah terkena diabetes.

  1. Lemahnya sistem imun

Sistem imun dalam tubuh, memiliki peranan yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, dan tentu saja akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Sistem imun dalam tubuh bisa menurun, dan kondisi sistem imun dalam tubuh yang menurun ini, akan menyebabkan tubuh lebih rentan terserang penyakit berbahaya dan juga lebih rentan terinfeksi virus.

  1. Jantung dan stroke

Kedua penyakit ini merupakan dua penyakit yang saling berkaitan datu sama lainnya. Penyakit jantung dan stroke, selain disebabkan karena kolesterol juga bisa dikarenakan tubuh terlamapu sering tidur larut malam. Maka sebaiknya atur waktu tidur anda, agar nantinya fungsi jantung bisa bekerja dengan normal, sehingga resiko terkena serangan jantung, bisa anda minimalisir dengan baik.

Demikian beberapa penyakit berbahaya yang bisa anda derita ketika sering tidur larut malam. Maka dari itu, mulai dari sekarang, biasakan untuk memiliki waktu tidur yang tidak terlampau larut.Semoga bermanfaat.