Jangan Sepelekan Jerawat, Alih-alih Hilang Malah Jadi Kanker!

Diposting pada

Jerawat merupakan hal yang lumrah dan sering kita ketemui. Apalagi hidup di tengah kota dengan banyaknya polusi dan debu setiap hari. Terkadang kita berpikir ini hanya jerawat yang mana bisa hilang kapan saja. Apalagi jika kita termasuk remaja yang sedang mengalami masa puber maka jerawat bukanlah hal aneh yang terkadang tidak perlu perhatian khusus untuk ditangani. Atau bisa saja kita asal pencet sesuka hati karena berpikir nnati akan sembuh sendiri. Pada dasarnya jerawat memang gejala kulit yang sangat normal. Dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Meskipun begitu kita tetap harus berhati-hati karena jerawat berbentuk benjolan kecil.

Jerawat terbentuk karena adanya peradangan yang disebabkan oleh kelenjar minyak yaitu kelenjar sebacea yang mana paling sering terjadi pada masa remaja dikarenakan pergerakan hormon. Dan juga adanya kotoran yang menumpuk serta mengendap dan membuat pori-pori tersumbat. Hal inilah yang membuat jerawat tumbuh subur. Jerawat juga memiliki bentuk yang bermacam-macam yang dimulai dari blackhead atau whitehead dan biasa disebut dengan komedo. Ada juga pembengkakan atau nodus, lalu putsul atau pembengkakan yang disertai dengan peradangan sampai parut hipotrofik yang mana meninggalkan cekungan di wajah. Jerawat yang dimiliki setiap orang pastinya berbeda tergantung dari hormon masing-masing orang. Sebenarnya gejala kanker kulit juga mirip dengan jerawat. Dan yang paling menyedihkan banyak orang yang tidak menyadarinya karena berpikir bahwa benjolan kecil ini pasti jerawat. Padahal salah satu benjolan merupakan salah satu ciri kanker kulit. Untuk itu penting mengetahui ciri-ciri dari kanker kulit yang berbentuk seperti jerawat.

Benjolan Memiliki Tekstur Kasar

Saat kita berjerawat maka bukan hal yang asing lagi ketika muncul benjolan pada wajah. Meskipun hal ini terlhat lumrah maka ada yang harus kita perhatikan. Saat jerawat meradang biasanya tekstur kulit akan sedikit berubah namun tetap halus di kulit saat kita raba. Tetapi hal ini tidak akan terjadi jika itu tanda dari kanker. Pada benjolan kanker, akan terasa kasar saat diraba dan bertekstur kadar apalagi pada wilayah pinggiran benjolan.

Ukuran Diameter Benjolan Tidak Tetap

Jerawat memang memiliki bentuk yang berbeda-beda, dari yang ukuran kecil sampai besar dan juga jerawat dengan ukuran kecil biasanya akan mengecil dan mengempis dengan sendirinya lalu berangsur-angsur sembuh. Hal ini akan berbeda dengan gejala kanker, benjolan pada kanker pada dasarnya akan berubah-ubah. Untuk itu kita perlu waspada pada benjolan yang ada pada wajah.

Memiliki Bentuk Asimetris atau Tidak Beraturan

Jika kita memiliki jerawat maka kita akan sering merabahnya atau menyentuhnya dan jerawat ini memiliki bentuk seperti bulatan-bulatan yang terkadang meradang dan berisi nanah. Meksipun begitu jerawat memiliki bentuk yang pasti yaitu bulat dan halus saat disentuh. Tetapi jika jerawat yang kita sentuh terasa berbeda pada umumnya maka kita harus waspada. Karena benjolan pada kanker kulit berbentuk tidak beraturan atau asimetris. Jika bentuknya sudah berbeda dengan jerawat pada umumnya maka ada baiknya kita segera menemui dokter untuk berkonsultasi. Lebih baik melakukan pencegahan lebih dini daripada terlambat.

Benjolan Tidak Hilang Dalam Jangka Waktu Lama

Jerawat memiliki fase yang mana dari ukuran kecil lalu membesar kemudian menghilang dan secara alami hal ini akan terjadi dalam waktu satu sampai dua minggu. Setelah jerawat menghilang biasanya akan terdapat noda bekas jerawat yang mana butuh waktu untuk benar-benar hilang dari kulit. Tetapi hal ini tidak masalah karena jerawat sudah hilang. Namun akan berbeda jika benjolan itu kanker kulit, benjolan pada kanker kulit tidak akan menghilang dalam waktu satu sampai dua minggu. Benjolan pada kanker kulit akan tinggal dalam jangka waktu yang lama. Dari beberapa bulan hingga tahunan, oleh sebab itu jika kita menemukan benjolan pada kulit yang sudah lama menetap pada suatu tempat maka kita harus waspada. Karena ini merupakan tanda awal adanya kanker kulit.

Benjolan Memiliki Warna Yang Berbeda

Warna benjolan juga harus kita perhatikan. Karena jerawat dan kanker kulit memiliki warna yang berbeda. Seperti yang kita ketahui bahwa jerawat memiliki warna putih yang mana biasanya saat dipencet akan terdapat nanah. Dan jerawat normal akan berwarn kemerahan. Benjolan pada kanker kulit  memiliki warna cokelat hingga hitam pada bagian tengah dan pada pinggirannya selalu berwarna lebih muda. Mengetahui perbedaan kanker dan jerawat merupakan hal yang baik. Dengan begitu kita bisa lebih waspada dan berhati-hati. meskipun begitu kita juga harus melakukan hal-hal baik yang mana dapat membuat hidup lebih sehat. Seperti berolahraga dan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Serta tidak malas untuk membersihkan kesehatan tubuh.

 

 

 

Loading...