Jenis Penyakit Yang Menyerang Sistem Pernafasan

Diposting pada

Jenis Penyakit Yang Menyerang Sistem Pernafasan Sistem pernafasan merupakan salah satu sistem yang penting dalam tubuh, sebagai salah satu jaringan yang berfungsi sebagai tempat keluar dan masuknya oksigen dalam tubuh anda. Semua makhluk hidup dibekali dengan sistem pernafasannya tersendiri, seperti tumbuhan, hewan, hingga manusia. Tentu saja menusia memiliki sistem pernafasan yang lebih kompleks dari makhluk hidup lainnya. Mulai dari hidung, kerongkongan, hingga paru – paru. Sistem pernafasan yang bekerja dengan baik, tentu saja akan berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh anda.

Begitu pula sebaliknya, jika sistem pernafasan dalam tubuh anda mengalami masalah, maka biasanya akan diikuti dengan masalah kesehatan lainnya. Bagian dalam sistem pernafasan juga tidak luput dari masalah penyakit yang ada didalamnya. Jenis penyakit yang menyerang sistem pernafasan ini, bisa disebabkan karena virus maupun bakteri yang menginfeksi saluran pernafasan anda. Dan berikut ini adalah beberapa jenis penyakit sistem pernafasan yang bisa anda coba ketahui.

 

Jenis Penyakit Yang Menyerang Sistem Pernafasan

  1. Sinusitis

Penyakit yang satu ini merupakan salah satu jenis penyakit peradangan yang mana menyerang bagian rongga hidung atau biasanya disebut sebagai sinus paranasalis. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri dan juga karena adanya virus dalam tubuh anda. Selain itu, infeksi pada gigi dan kecanduan rokok juga bisa menyebabkan masalah penyakit sinusitis ini.

  1. Tuberculosis

Tuberculosis atau TBC ini, merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi kuman Mycobacterium Tuberkulosis yang memiliki sifat sistemik. Bakteri ini menyerang paru – paru, dan bagian alveolus paru – paru terdapat bintil – bintil, dan keadaan ini yang akan menyebabkan difusi oksigen menjadi terganggu, penyakit TBC ini, merupakan salah satu jenis penyakit yang menular.

  1. Pneumonia

Penyakit ini juga bisa disebut sebagai salah satu penyakit radang paru – paru, bagian paru – paru yang mengalami peradangan ini adlaah bagian pulmonary alveolus yang merupakan salah satu bagian yang menyerap oksien. Penyakit radang paru – paru ini, disebabkan karena berbagai macam faktor seperti infeksi bakteri, jamur, virus, dll. Selain itu, cedera jasmani dan juga faktor zat kimia yang masuk kedalam tubuh juga bisa menyebabkan tubuh terkena pneumonia.

  1. Influenza (Flu)

Penyakit sistem pernafasan yang satu ini dikarenakan adanaya infeksi virus Influenza yang mana gejala yang timbul dari penyakit ini ada beberapa macam, seperti pilek, gatal – gatal, hidung tersumbat hingga bersin – bersin. Infeksi saluran pernafasan ini, juga bisa dilihat dari tanda gejalannya seperti demam, sakit otot, menggigil, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan juga batuk yang tidak berdahak.

  1. Asma

Penyakit ini merupakan penyakit radang paru – paru yang mana akan menimbulkan rasa sesak nafas secara berulang – ulang. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit kelainan paru – paru, yang mana dinding salura udara akan berkontraksi dan akan menyebabkan saluran udara menjadi menyempit, dan kondisi ini bisa diperburuk dengan adanya sekresi lendir yang berlebihan.

Itulah beberpaa jenis penaykit yang kerap menyerang sistem pernafasan anda. Maka dari itu, pola hidup yang sehat dan teratur sangat perlu untukanda jaga, agar nantinya sistem pernafasan dan kesehatan tubuh anda bisa terjaga dengan baik.