Ketahuilah Gejala dan Jenis Hepatitits!

Diposting pada

Inilah Gejala dan Jenis Hepatitis – Apakah kerabat anda ada yang menderita penyakit hepatitis? Setidaknya anda perlu mengetahui jika hepatitis sudah menjadi jajaran penyakit yang mematikan di dunia. Kemungkinan besar seseorang yang mengalami hepatitis tidak akan pernah menyadarinya. Pasalnya jarang sekali terlihat gejala apapun, bahkan naasnya anda tidak memperoleh diagnosis secara tepat lantaran hanya memiliki tanda yang ringan.

Beralih ke pengertian hepatitis itu sendiri yang merupakan penyakit akibat timbulnya peradangan pada hati. Adapun hepatitis jenis infeksi mampu meradang yang disebabkan oleh mikroorganisne penyerang hati.  Terdapat pula hepatitis viral yang termasuk hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Penyebab hepatitis lain mungkin dikarenakan adanya narkoba dan alkohol. Sebaiknya perhatikan gejala dan jenis hepatitis secara lebih lengkap berikut ini.

gejala penyakit hepatitis

Inilah Gejala dan Jenis Hepatitis

Gejala Hepatitis

Gejala umum dari penyakit hepatitis adalah:

  • Demam
  • Nyeri perut, otot dan sendi
  • Mual dan muntah
  • Selera makan berkurang
  • Kelelahan

Masalah lain dari penyakit hepatitis, seperti:

  • Rasa gatal tidak spesifik
  • Urin berwarna gelap
  • Tinja berwarna terang
  • Penyakit kuning
  • Pendarahan pada tubuh
  • Perubahan mental

Jenis Hepatitis

1.Hepatitis A

Hepatitis A ditimbulkan oleh virus Hepatitis-A yang mana mampu menular dengan cara kotoran berupa feses dan oral di dalam mulut. Dengan kata lain penularan virus dapat terjadi melewati kontaminasi makanan atau air dari adanya virus Hepatitis-A yang dijumpai pada kotoran feses penderita hepatitis tersebut. Untuk mencegah penularan virus jenis ini, anda harus menjaga kebersihan terhadap konsumsi makanan.

 

  1. Hepatitis B

Pada jenis hepatitis B disebabkan oleh Hepatitis-B Virus (HBV). Sementara itu, proses menularnya virus dilalui dengan kontak darah, seperti transfusi darah, hubungan seksual, hingga terkontaminasi jarum suntik. Biasanya penyakit hepatitis ini ditularkan oleh para ibu pengidap Hepatitis B kepada sang bayi di saat persalinan.

  1. Hepatitis C

Berikutnya ada Hepatitis-C yang dikarenakan oleh Hepatitis-C Virus (HCV). Menularnya penyakit Hepatitis C sama seperti  pada  penularan pada Hepatitis B. Hanya saja pada Hepatitis C menular terutama melalui darah. Dimana virus akan ditularkan terutama melalui penggunaan jarum suntik untuk menyuntikkan obat dan pembuatan tato yang tidak steril.

  1. Hepatitis D

Ada lagi penyebab dari Hepatitis D adalah HDV (Hepatitis-D Virus) atau biasa disebut sebagai  virus Delta. Namun virus tersebut hanya bisa berkembang biak pada tubuh bila tubuh yang sudah terinfeksi oleh virus Hepatitis B. Hepatitis D merupakan jenis Hepatitis yang paling berbahaya dari jenis Hepatitis lainnya dengan konsep penularan sama dengan Hepatitis B.

  1. Hepatitis E

Terakhir yaitu Hepatitis E yang menyerupai dengan Hepatitis A. Virus Hepatitis E (HEV) menularkan melalui kotoran manusia ke mulut, kemudian menyebar melewati bahan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Adapun infeksi Hepatitis E yang paling tinggi terjadi di area bersanitasi buruk dengan dukungan penularan sebuah virus.

Segera bawa diri anda ke dokter jika kita memiliki salah satu dari tanda-tanda hepatitis. Hepatitis yang tidak mendapatkan perawatan yang baik akan dapat menyebabkan sirosis hingga kanker hepatitis.