Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini Agar Terhindar Dari Tulang Keropos (Osteoporosis)

Diposting pada

Kesehatan tulang pada manusia akan menurun seiring bertambahnya usia. Dan ini menyebabkan tulang menjadi keropos dan akhirnya terkena osteoporosis. Tetapi adakalanya orang yang masih berusia muda mengalami masalah pada kesehatan tulang mereka dan terkena osteoporosis. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, salah satunya karena kekurangan nutrisi untuk memperkuat tulang.

Ketika kita ingin memiliki tulang yang sehat dan kuat,  ada dua nutrisi utama yang harus dikonsumsi oleh tubuh yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium dapat membantu memperkuat struktur tulang dan gigi Anda, sedangkan vitamin D mampu meningkatkan penyerapan kalsium dan membantu pertumbuhan tulang.

makanan pencegah osteoporosis

Nutrisi ini tidak hanya penting di awal masa-masa pertumbuhan saja, tetapi juga membantu menjaga kesehatan tulang Anda keteka Anda mulai lanjut usia. Jika Anda menderita osteoporosis yang merupakan penyakit pengeroposan tulang dan juga bisa menyebabkan tulang Anda patah, maka mengkonsumsi banyak kalsium dan vitamin D mampu memperlambat penyakit dan mencegah tulang patah.

Sebagai gambaran, orang dewasa sampai usia 50 tahun harus mendapatkan 1000 mg asupan kalsium dan sekitar 200 unit internasional (IU) vitamin D setiap harinya. Sedangkan orang dewasa di atas usia 50 tahun harus mendapatkan 1200mg asupan kalsium serta 400 – 600 UI vitamin D setiap hari.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mampu memperkuat dan menyehatkan tulang Anda:

  1. Yogurt

Selain asupan vitamin D yang di dapat dari sinar matahari secara langsung, mengkonsumsi segelas yogurt setiap hari mampu memenuhi sekitar 30% kalsium dan 20% asupan vitamin D harian Anda.

  1. Susu

Ada banyak alasan kenapa susu sangat baik untuk di konsumsi. Delapan ons susu bebas lemak akan membakar sekitar 90 % kalori dan memberikan 30 % asupan kalsium harian Anda. Pilihlah jenis minuman susu yang diperkaya dengan vitamin D agar Anda mendapatkan efek ganda. Minumlah 3 gelas susu murni setiap hari untuk medapatkan hasil yang maksimal.

  1. Keju

Konsumsilah sekitar 1,5 ons keju  cheddar untuk mendapatkan lebih dari 30 % asupan kalsium harian Anda.

  1. Sarden

Mungkin tidak semua orang suka mengkonsumsi ikan sarden karena di anggap memiliki rasa yang aneh dan bau yang agak amis. Tetapi jenis ikan kalengan ini memiliki kadar kalsium dan vitamin D yang sangat tinggi yang bagus untuk tulang Anda.

  1. Telur

Meskipun telur hanya memiliki sekitar 6 % kandungan vitamin D harian Anda, tetapi mengkonsumsi kuning telur merupakan cara yang mudah dan cepat untuk mendapatkan asupan vitamin D bagi tubuh.

  1. Ikan Salmon

Salmon di kenal memiliki banyak kandungan asam lemak omega – 3. Tetapi mengkonsumsi 3 ons ikan salmon merah akan memberikan Anda lebih dari 100% vitamin D harian Anda yang bisa membuat jantung dan tulang menjadi sehat.

  1. Bayam

Satu mangkuk sayur bayam mengandung hampir 25% kebutuhan kalsium harian Anda, ditambah lagi dengan kandungan serat, zat besi dan vitamin A.

Itulah beberapa makanan yang bisa membuat tulang Anda menjadi sehat dan kuat serta terhindar dari osteoporosis atau tulang keropos. Mengkonsumsi kalsium dan vitamin D secara tepat, akan memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tulang.