gambar-anatomi-laring

Laring : Anatomi, Fungsi dan Fisiologi

Diposting pada

Laring merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting. Nama lain dari laring adalah kotak suara, dimana nama tersebut diambil berdasarkan fungsi utama dari laring itu sendiri. Dengan adanya keberadaan laring tersebut lah seseoran bisa mengeluarkan suara ketika berbicara. Laring dapat mempengaruhi artikulasi pada saat orang berbicara. Hal ini menyebabkan adanya nada tinggi dan rendah yang terdengar pada saat seseorang berbicara. Apa bila terjadi masalah dengan laring, maka orang tersebut juga akan mengalami masalah pada saat berbicara. Laring sendiri berbentuk tabung pendek di tengah depan leher, yakni di antara faring dan trakea bawah. Panjang dari laring ini adalah 1,5 inci dan posisi dari laring tersebut meluas dari tepi atas kartilago tiroid ke tepi bawah kiroid.

Pada laring manusia terdapat membrane tryrochicoid yang memiliki celah yang bisa digunakan untuk memungkinkan bernafas pada saat keadaan darurat, apa bila ada benda asing atau pun pembengkakan epilogtis yang menghalangi pintu masuk laring. Oleh sebab itu, salah satu fungsi utama dari laring adalah pengendalian udara pada saat bernafas. Selain itu, masih ada pula fungsi lainnya dari laring manusia yakni sebagai bagian tubuh yang menjaga agar udara tetap ada di paru paru pada saat anda melakukan kegiatan berat, seperti mengangkat benda yang memiliki bobot yang berat. Fungsi lainnya dari laring adalah sebagai pelindung paru paru dari masuknya benda asing yang berbahaya.

gambar-anatomi-laring

Peran laring yang begitu penting bagi manusia membuatnya perlu dijaga dengan baik. Ada beberapa masalah yang bisa mempengaruhi kinerja dari laring. Apa bila anda sedang sakit flu misalnya maka produksi suara pun akan ikut terpengaruh karena terjadi laringitis atau sakit pada tenggorokan. Sebenarnya banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya masalah pada laring manusia. Masalah tersebut dapat berupa pola hidup yang dilakukan oleh seseorang atau pun lingkungan sekitarnya yang tidak sehat. Ada pun, masih ada beberapa masalah lain yang bisa mengganggu kinerja laring. Beberapa masalah yang dapat mengganggu kinerja laring tersebut meliputi.

  • Laringitis kronis; yang disebabkan oleh konsumsi rokok atau pun polusi udara
  • Reflux laringitis; yang merupakan bagian dari penyakit gastroesophaegal reflux (GERD)
  • Nodul dan polip pada pita suara; yang diakibatkan oleh merokok dalam jangka waktu panjang serta penyalahgunaan pita suara
  • Ulkus; yang disebabkan oleh tabung selama mendapatkan napas buatan
  • Paretis pita suara; yakni pada saat terjadi tekanan pada pita suara
  • Kasinoma laring; yang merupakan akibat dari merokok dan konsumsi alcohol
  • Laringomalasia; yang biasanya dialami oleh bayi

Beberapa masalah yang dapat mengganggu kinerja laring tersebut dapat dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat. Hal yang paling utama yang dapat menjaga kesehatan laring adalah dengan tidak mengkonsumsi alcohol atau pun merokok, baik dalam jangka waktu pendek mau pun lama. Pastikan juga untuk menggunakan masker pada saat berada di tempat yang berdebu atau memiliki tingkat polusi udara yang tinggi. Selain itu, jangan paksakan kinerja dari pita suara anda agar laring tetap terjaga dan terhindar dari berbagai masalah. Dengan melakukan beberapa hal pencegahan tersebut, anda akan memiliki laring yang yang sehat dan tentunya bisa terhindar dari berbaagi penyakit yang dapat menghambat aktifitas sehari-hari. Sekian pembahasan tentang seputar laring manusia. Semoga dapat bermanfaat!

Incoming search terms:

  • fisiologi laring
  • anatomi fisiologi laring
  • anatomi laring dan fisiologinya
  • apa yang terjadi pada laring saat nada tinggi dan rendah
  • fisiologi laryng
  • fisiologis dari anatomi laring
  • fungsi fisiologi laring
  • laring terdapat pita suara apakah yang menyebabkan tinggi rendahnya nada suara