penyakit kulit kanker melanoma

Macam – Macam Penyakit Kulit Yang Harus Anda Ketahui

Diposting pada

Penyakit kulit kadang terlalu dianggap remeh bagi beberapa orang, namun apakah Anda tahu bahwa ada penyakit kulit yang mematikan? Dibawah ini kami sajikan macam – macam penyakit kulit yang harus Anda ketahui :

Kanker Kulit Melanoma

penyakit kulit kanker melanoma

kanker kulit melanoma merupakan salah satu jenis kanker yang jarang terjadi dan juga termasuk  yang mematikan. Kanker melanomia berawal dari kulit dan bisa meluas pada organ tubuh lainnya. Keluarnya tahi lalat dan perubahan tahi lalat yang sudah ada bisa juga menjadi ciri ciri atau gejala kanker kulit melanoma.

kanker kulit melanoma biasa muncul di berbagai tempat pada tubuh manusia. Namun, bagian tubuh yang paling sering terkena seperti kaki, tangan, punggung dan kaki.

Penyakit kulit kanker melanoma adalah kanker yang cukup sering terjadi. Ada kurang lebih 200.000 penderita baru kanker melanoma.

Dan yang mempunyai kasus kanker melanoma tertinggi adalah New Zealand dan Australia, kabar baiknya adalah pada negara di benua asia mempunyai peringkat terendah untuk kasus kanker kulit melanoma.

Menurut data dari WHO, di Indonesia ada kurang lebih 3500 kasus penyakit kulit kanker melanoma baru setiap tahunnya. Meskipun bisa dibilang sedikit, penyakit kulit jenis ini bisa mematikan jika tidak sesegera mungkin didiagnosis.

Lupus

penyakit kulit lupus

Penyakit lupus disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh. Peradangan kronis ini bisa menyerang beberapa bagian tubuh seperti : kulit, ginjal, sendi, otak, sel darah, jantung dan juga paru.

Susah untuk mendiagnosa penyakit ini, hal ini disebabkan penyakit lupus sangat mirip dengan penyakit kulit umum terjadi. Namun, gejala dan ciri – ciri dari penyakit kulit ini seperti bercak di sekitar wajah yang mirip dengan sayap kupu-kupu.

Untuk lebih jelas mengenai penyakit kulit ini bisa baca : ciri – ciri penyakit lupus dan cara mengobatinya

Rubeola (Campak)

penyakit kulit rubeola

Campak atau rubeola merupakan penyakit kulit akut. Biang keladi penyakit kulit ini adalah virus campak. penyakit ini sangat berbahaya, dapat menular dari gejala awal hingga kurang lebih satu minggu setelah ruam muncul. Penularan infeksi dapat terjadi melalui perantara droplet.

Kasus campak di Indonesia dari 1990-2002, ada kurang lebih 3000 sampai 4000 dalam satu tahun.

Psoriasis

penyakit kulit psioriasis

Penyakit kulit selanjutnya adalah psoriasis. Di indonesia sendiri belum dapat dipastikan jumlah penderita peyakit kulit ini.

Ada perbedaan tingkat keparahan gejala penyakit kulit ini diantara penderitanya. Bukan itu saja, Gejalanya juga berubah – ubah.

Sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti penyakit tersebut. Namun, beberapa ahli menduga psoriasis erat kaitanya dengan gangguan pada autoimun.

Psoriasis terjadi karena produksi berlebihan sel kulit. Biasanya tubuh normal akan membuat atau mengganti sel kulit yang mati hanya dalam hitungan minggu. Namun pada pengidap penyakit kulit ini akan mengganti sel kulit hanya dalam hitungan hari. Hal ini menyebabkan sel kulit menumpuk dan menimbulkan penebalan kulit.

Rosacea

penyakit kulit rosacea

penderita penyakit kulit rosacea di tahun 2010 kurang lebih 45 juta. kebanyakan dari penderita rosacea tidak sadar telah terkena penyakit kulit tersebut, hal ini disebabkan karena mayoritas penderita rosacea menduga warna kemerahan pada kulit karena terkena paparan sinar matahari.

Selulitis

Penyakit Kulit Selulitis

Selulitis merupakan penyakit yang menular. Penyakit ini dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Vitiligo

Penyakit Kulit Vitiligo

Vitiligo adalah penyakit yang dapat membentuk plak atau bercak warna putih pada kulit dan hampir menyerupai panu, namun dengan skala lebih luas. Penyakit tersebut dapat menyerang berbagai umur, namun paling sering terjadi pada usia dibawah 20 tahun.

Meskipun tidak termasuk dalam peyakit menular dan tidak mematikan, penyakit kulit tersebut bisa menurunkan rasa percaya diri dan minder.

Saat kulit tidak dapat mencukupi produksi melanin hal ini dapat menyebabkan penyakit kulit vitiligo. Melanin merupakan senyawa yang membentuk warna pada kulit dan juga menjaga kulit dari efek negatif dari paparan sinar matahari.

Impetigo

Penyakit Impetigo

Impetigo adalah penyakit yang sangat menular, bakteri merupakan penyebab dari penyakit tersebut. Penularan penyakit kulit impetigo bisa terjadi secara langsung kulit dengan kulit atau dengan perantara seperti baju, handuk, bahkan melalui bakteri yang sudah mengkontaminasi peralatan dapur maupun alat – alat lainnya.

Erysipelas

Penyakit Kulit Erysipelas

Bakteri Streptococcus B-hemolyticus adalah jenis bakteri yang bertanggung jawab atas peradangan akut pada kulit atau biasa disebut dengan erysipelas.

Daerah tropis dan subtropis merupakan wilayah yang sering terjangkit penyakit kulit tersebut.

Penyakit ini biasanya disertai dengan gejala seperti demam. Gejala awal seperti adanya luka kecil pada kulit

kemudian menjadi merah terang, bergaris, dan terasa sakit jika ditekan. Rasa panas jika diraba, Dan juga terjadi bentolan berongga yang bisa diisi oleh kuman.

Bagian tubuh yang sering terkena penyakit kulit ini adalah tangan, wajah dan juga kaki.

Ichthyosis vulgaris

Penyakit kulit ichthyosis vulgaris

ichthyosis vulgaris adalah kelainan pada kulit yang dapat menyebabkan sel-sel kulit mati, menumpuk dan kering bersisik pada kulit bagian luar. penyakit ichthyosis vulgaris merupakan kelainan yang menurun.

Penyakit ichthyosis dapat menjalar pada area kulit dan menjangkit cukup lama bahkan sampai menahun. Ichthyosis vulgaris tidak sama dengan penyakit kulit lainnya seperti psoriasis dan eksim yang menjangkit wilayah kulit yang lebih kecil.

Kulit Keloid

Penyakit Kulit Keloid

Keloid adalah penyakit kulit yang ditandai dengan  pertumbuhan berlebih pada area jaringan kulit yang tumbuh di sekeliling luka, keloid biasanya keluar setelah luka tersebut tumbuh.

Penyakit kulit tersebut merupakan salah satu gangguan pada kulit bagian luar yang disebabkan produksi kolagen secara berlebihan di sekitar lapisan kulit, kekurangan zat silika merupakan penyebab tubuh kelebihan dalam memproduksi kolagen.

Keloid sebenarnya tidak terlalu berbahaya untuk tubuh. Tetapi meskipun tidak berbahaya untuk kesehatan, penyakit keloid dapat menjadi sangat berbahaya apabila terjadi komplikasi, hal ini dikarenakan komplikasi penyakit tersebut dapat memicu keluarnya kanker dan juga tumor.

Shingles (Cacar Ular)

Penyakit Shingles (Cacar Ular)

Shingles atau cacar ular merupakan penyakit kulit yang sangat menyakitkan. Virus yang bertanggung jawab atas penyakit ini adalah virus varicella zoster . Sebutan lain untuk penyakit kulit tersebut biasanya dinamakan dengan nama Herpes Zoster. shingles pada umumnya keluar berkelompok atau lurus berbaris di wilayah kecil pada tubuh atau salah satu sisi wajah.

Sekian tulisan macam – macam penyakit kulit semoga dapat membantu Anda lebih waspada atau sekedar menambah pengetahuan kita semua.

Incoming search terms:

  • MACAM MACAM PENYAKIT KULIT
  • jenis penyakit kulit
  • اگزمای کف دست
  • penyakit kulit daerah tropis
  • penyakit kulit berongga
  • kulit berongga
  • psoriasis
  • penyakit kulit baru
  • kanker melanoma
  • peyakit yg menular yg terjangkit di area luas
  • beda psoriasis vulgaris dan ichtiosis vulgaris
  • ciri kanker kulit
  • macam penyakit kulit
  • macam macam kanker kulit
  • kanker kulit melanoma
  • kanker kulit kaki
  • jumlah penyakit pada kulit
  • jenis tumor kulit
  • badan yang berawal dari daerah tropis disebut
  • ضخیم شدن پوست کف دست
  • ciri ciri kanker kulit
  • ciri ciri kanker kulit di wajah
  • foto penyakit kulit
  • contoh penyakit kanker
  • contoh gambar melanoma