Makanan Lezat Untuk Mencegah Anemia

Diposting pada

Makanan Lezat Untuk Mencegah AnemiaAnemia yaitu kondisi dimana tekanan darah menjadi rendah dan kadar hemoglobin dalam tubuh dibawah normal. Kondisi normalnya tekanan darah manusia berada pada kisaran 120/80 mmHg. Jika berada di bawah batas normal tersebut maka dapat dipastikan menderita anemia. Penderita anemia umumnya akan merasakan lemah, letih, lesu serta wajah menjadi pucat, namun ada juga yang dibarengi dengan nyeri pada kepala.

 

Seorang penderita anemia dapat mengatasinya dengan memakan makanan yang kaya akan zat besi dan vitamin C. Itulah yang akan memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Jangan khawatir akan jenin makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, makanan untuk penderita anemia cenderung enak. Berikut ini makanan-makanan lezat yang baik untuk menambah darah bagi penderita anemia.

makanan untuk tambah darah

Makanan Lezat Untuk Mencegah Anemia

 

  1. Daging Merah

Daging merah bisa diperoleh dari daging sapi atau kambing. Kandungan zat besi di dalam daging merah sangat tinggi serta mudah untuk dicerna oleh tubuh. Tidak hanya zat besi, berbagai jenis vitamin juga ada di dalam daging merah. Vitamin-vitamin tersebut dapat juga menjaga kekebalan tubuh. Daging merah ini dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat seperti steak, kornet, sosis, sate, dll.

 

  1. Seafood

Hasil laut yang satu ini kaya akan protein sehingga dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Seafood yang mudah ditemukan yaitu udang, tiram, cumi, sarden, dll. Nutrisi di dalam seafood tersebut dapat membantu mencegah anemia. Olahan dari seafood juga tergolong lezat, seperti udang bakar, cumi asam manis, ikan bakar, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan manfaat dari seafood ini sebaiknya konsumsi seafood segar setiap harinya.

 

  1. Sereal

Sereal memiliki kandungan protein dan zat besi yang tinggi, sehingg baik untuk mencegah anemia. Cara penyajian sereal biasanya dicampur dengan susu dan buah. Pilih buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi agar nutrisi yang diperoleh menjadi lengkap. Selain zat besi dan protein, sereal juga diperkaya dengan karbohidrat sehingga sering dijadikan sarapan di pagi hari. Karbohidrat yang ada dapat meningkatkan kadar gula dalam darah untuk dijadikan sebagai energi.

 

  1. Daging Unggas

Daging unggas dapat membantu menambah darah dalam tubuh, selain itu dapat  juga dijadikan sebagai pengendali berat badan jika diolah dengan benar. Daging unggas seperti ayam dan bebek dapat disajikan menjadi berbagai jenis masakan. Olahan-olahan dari bebek dan ayam tergolong lezat dan mudah ditemukan. Sebagai contoh yaitu ayam dan bebek goreng atau bakar. Dengan begitu penderita anemia dapat dengan mudah mencari dan menikmatinya.

 

  1. Telur

Telur mengandung protein dan vitamin B kompleks yang baik untuk tubuh. Telur dapat digunakan sebagai penambah darah, selain itu telur dapat juga untuk mempercantik kulit wajah. Cara pengolahan telur juga tergolong mudah, sehingga banyak orang yang mengonsumsinya setiap hari. Telur dapat di goreng matang atau setengah matang, direbus bahkan sebagai campuran untuk membuat kue.

Demikianlah ulasan mengenai makanan lezat untuk mencegah anemia. Makanan-makanan lezat tersebut dapat dijadikan pilihan untuk menambah darah dan tentunya disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing penderita anemia.