Mencegah dan Mengendalikan Diabetes

Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah dan Mengendalikan Diabetes

Diposting pada

Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah dan Mengendalikan Diabetes – Diabetes tentunya  istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda karena banyaknya jumlah penderita. Penyakit yang dinamakan dengan diabetes mellitus ini merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kondisi gula darah atau glukosa yang berada jauh di atas kondisi normalnya. Glukosa sendiri merupakan sumber energi utama yang sangat penting bagi otak dan sel – sel pembentuk otot serta jaringan yang ada di dalam tubuh seorang manusia.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang termasuk dalam 10 negara terbesar penderita diabetes di mana menurut riset pada tahun 2013 jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai kurang lebih 8,5 juta orang dengan rentang usia penderita yakni 20 sampai dengan 79 tahun. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kronis yang mana jika tidak ditangani secara tepat, penyakit diabetes dapat berakibat fatal, berikut ini akan kami ulas beberapa makanan sehat yang dapat mencegah dan mengendalikan diabetes.

Mencegah dan Mengendalikan Diabetes

Makanan Sehat Yang Dapat Mencegah dan Mengendalikan Diabetes

  1. Anggur

Salah satu makanan sehat yang dapat mencegah dan mengendalikan diabetes adalah anggur yang mana Anda disarankan untuk mengkonsumsi buah anggur sebanyak 10 buah setiap harinya, di dalam 10 buah anggur ini mengandung sebanyak 8 gram karbohidrat, 7 gram gula, dan 0,7 gram serat sehingga kandungan ini sangatlah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

  1. Buah Persik

Buah persik juga menjadi salah satu makanan sehat yang bisa Anda gunakan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes, buah yang berasal dari Negeri Tiongkok sangat kaya akan kandungan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, mangan, asam pantotenat, tembaga, dan berbagai zat lainnya yang sangat dibutuhkan untuk mencegah dan mengendalikan diabetes.

  1. Pisang

Pisang menjadi makanan sehat ketiga yang juga akan membantu mencegah dan mengendalikan diabetes, pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat tinggi, kalium, vitamin B6, vitamin C, serta mengandung kalori yang rendah. Selain itu kandungan pati yang terdapat di dalam buah pisang juga akan membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh dan mengatasi diabetes.

 

  1. Aprikot

Buah aprikot menjadi buah keempat yang juga bisa Anda jadikan alternatif untuk membantu mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes, buah aprikot sendiri merupakan buah yang kaya akan kandungan berbagai nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, mangan, dan kalium. Selain itu di dalam buah aprikot juga terdapat kandungan zat alami yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

  1. Bayam

Makanan sehat kelima yang akan membantu Anda dalam membantu mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes mellitus adalah sayur bayam yang mana sayur hijau ini kaya akan kandungan zat fitokimia, vitamin, mineral, infek glikemik, dan berbagai nutrisi lainnya yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, selain itu bayam juga memiliki kandungan kalori yang rendah.

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit kronik yang berbahaya yang mana dapat Anda cegah dan kendalikan menggunakan berbagai makanan sehat di atas.