cabut gigi berlubang

Mana yang Lebih Baik, Menambal atau Cabut Gigi Berlubang?

Diposting pada

Saat menderita karena gigi berlubang, biasanya ada yang memilih menambal dan ada juga yang lebih memilih cabut gigi berlubang tersebut. Sebenarnya mana yang lebih efektif untuk mengatasi masalah gigi berlubang itu?

Apakah gigi berlubang bisa langsung dicabut? Apakah ada standar khusus yang digunakan oleh dokter untuk menentukan gigi berlubang harus ditambal atau dicabut?

Jika anda mau mengetahui tentang mana yang lebih efektif antara menambal dan cabut gigi berlubang, anda bisa membaca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

cabut gigi berlubang

Tambal atau Cabut Gigi Berlubang, Mana yang Biasa Dilakukan Dokter Pertama Kali?

Masalah ditambal atau cabut gigi berlubang sebenarnya bukan keputusan dari anda. Hal ini sebenarnya diputuskan oleh dokter gigi setelah melihat kondisi gigi anda.

Namun demikian, jika kondisi anda memang memungkinkan, dokter bisa saja menuruti solusi yang anda inginkan untuk mengatasi gigi berlubang, baik itu dicabut atau ditambal.

Lalu mengenai mana yang lebih baik antara menambal dan cabut gigi berlubang, anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing solusi gigi berlubang tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Menambal dan Cabut Gigi Berlubang

Baik menambal maupun mencabut gigi berlubang itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari kedua solusi untuk mengatasi masalah gigi berlubang tersebut:

Kelebihan cabut gigi berlubang

  • Anda tidak perlu lagi merasa takut rasa sakit di gigi berlubang kambuh kembali. Karena mencabut gigi berlubang adalah solusi paling tuntas.

Kekurangan cabut gigi berlubang

  • Tidak bisa langsung dilakukan karena anda perlu menyembuhkan iritasi pada gigi berlubang terlebih dahulu sebelum dicabut.
  • Anda juga harus melakukan rontgen terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi dari akar gigi yang akan dicabut.

Kelebihan menambal gigi berlubang

  • Tidak perlu melakukan berbagai persiapan seperti ketika akan cabut gigi berlubang. Namun solusi ini tetap baru bisa dilakukan setelah gigi tidak lagi merasa sakit.

Kekurangan menambal gigi berlubang

  • Ada kemungkinan tambalan gigi lepas dan anda harus melakukan penambalan ulang.
  • Jika proses penambalan tidak sempurna, gigi justru bisa merasa sakit di kondisi tertentu.
  • Tidak menyelesaikan masalah secara tuntas.

Lalu mana yang lebih baik antara menambal dan cabut gigi berlubang itu? Sebenarnya tidak ada solusi yang lebih baik dari yang lain. Dokter biasanya memang tidak langsung menyarankan anda untuk melakukan pencabutan gigi yang berlubang.

Jika masih memungkinkan, dokter akan lebih menyarankan anda untuk menambal gigi yang berlubang terlebih dahulu. Namun memang ada kondisi khusus dimana gigi yang berlubang tidak bisa ditambal, seperti gigi yang berada di posisi yang cukup sulit dijangkau.

Pada kondisi tertentu dimana proses penambalan tidak bisa dilakukan, dokter gigi memang hanya bisa menyarankan anda untuk melakukan cabut gigi berlubang.

Namun pada kasus dimana gigi yang berlubang tidak bisa dijangkau, proses pencabutan gigi tersebut juga membutuhkan proses pembedahan kecil.

Jadi dari kedua solusi yaitu menambal atau cabut gigi berlubang itu tidak ada yang lebih baik. Semua solusi tersebut memang dilakukan secara bertahap. Tidak selalu dokter menyarankan anda untuk menambal, terkadang dokter juga bisa langsung menyarankan anda untuk cabut gigi berlubang.