Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh Beras merupakan salah satu makanan pokok sebagian penduduk Asia, terutama Indonesia. Beras ini sendiri, memang memiliki banyak sekali varian yang bisa anda temui, diantaranya seperti beras putih yang biasa dikonsumsi sehari – hari, beras ketan yang kerap digunakan untuk bahan alami berbagai jajanan, dan juga beras merah yang juga sebagai salah satu alternatif lainnya dari beras yang biasanya anda konsumsi sehari – hari. Beras merah ini sendiri, merupakan salah satu jenis beras yang memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Didalam beras merah, terkandung lebih banyak serat dan juga lebih sedikit kandungan gula dan juga memiliki karbohidrat yang lebih kompleks, sehingga beras merah sangat baik sebagai salah satu jenis bahan makanan pokok untuk membantu proses diet anda. Selain itu, beras merah juga baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes, dan juga bagi anda yang sedang sulit dalam proses pencernaan bisa mengkonsumsi jenis beras yang satu ini. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dari beras merah untuk kesehatan tubuh anda.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Baik untuk sistem pencernaan

Kandungan serat dalam beras merah setidaknya memiliki hingga 6 kali lipat lebih banyak dari serat yang ada dalam beras putih. Maka dengan mengkonsumsi beras merah sebagai makanan pokok, akan membantu anda dalam menjaga kerja sistem pencernaan dalam tubuh anda. Selain itu, kandungan serat yang tinggi ini pula akan berfungsi mengontrol gula darah, dan menurunkan resiko terkena kanker.

  1. Menepis radikal bebas

Selain itu, beras merah juga memiliki kandungan mineral yang banyak, sehingga kandungan mineral penting yang banyak terdapat dalam beras merah ini, akan membantu anda terlepas dari bahaya radikal bebas, sehingga tubuh akan lebih mudah terjaga dari bahaya berbagai macam penyakit. Mineral penting yang ada dalam beras merah ini seperti misalnya mangan, seng, Zinc, magnesium, dll.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Kandungan nutrisi yang aktif dalam beras merah ini, akan sangat berperan penting dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Selain itu, beras merah juga sangat baik sebagai salah satu makanan pokok bagi anda yang sedang menjalani program diet. Namun bagi anda yang memiliki penyakit liver, sebaiknya kurangi konsumsi beras merah ini, karena akan menyebabkan tubuh menjadi pusing dan sering buang gas.

  1. Mencegah penyakit jantung

Berkurangnya LDL atau Low density lipoprotein dalam darah anda, tentu saja akan berpotensi menurunkan plak yang ada didala dinding arteri, sehingga akan membantu jantung menjadi lebih normal dari kinerjanya, dan meminimalisir resiko terkena penyakit jantung. Anda bisa mencoba untuk mulai rutin mengkonsumsi beras merah, sebagai salah satu jenis bahan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung anda.

Itulah beberapa manfaat dari berasmerah untuk kesehatan tubuh yang bisa anda coba ketahui. Semoga bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, dan bisa menjadi salah satu alternatif menu plihan untuk anda.