manfaat-tranfusi-darah

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan penerima donor, ternyata hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan si pendonor darah. Donor darah selain bermanfaat bagi tubuh, juga membantu orang lain untuk bertahan hidup. Riset menunjukan bahwa dengan mendonorkan darah dapat meningkatkan kualitas hidup seorang serta menambah metabolisme tubuh.

Donor darah merupakan kegiatan mulia yang banyak manfaat. Walaupun donor darah awalnya terasa sakit dan lemas, namun setelah mendonorkan darah Anda akan memperoleh banyak manfaat. Orang yang sering melakukan donor darah akan lebih sehat dibandingkan seseorang yang belum melakukan donor darah. Berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh.

 manfaat-tranfusi-darah

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Memperlancar Aliran Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Rajin melakukan donor darah akan membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh. Sehingga mengurangi resiko penyumbatan arteri dalam pembuluh darah. Selain itu, rutin melakukan donor darah juga terbukti menjaga kesehatan jantung. Membantu jantung memperlancar memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Riset menunjukan bahwa orang yang rutin melakukan donor darah akan 88% mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Menurunkan Berat Badan

Dengan melakukan donor darah terbukti efektif juga dapat menurunkan berat badan. Darah yang di donorkan sekitar 450ml atau setara dengan pembakaran kalori 650. Hal tersebut membuat beberapa bagian tubuh terasa ramping. Membunuh penumpukan lemak pada paha dan daerah pinggul.

  1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Setelah melakukan pendonoran darah, maka sel darah merah akan beproduksi dua kali lipat lebih banyak. Hal ini juga mengurangi resiko penyakit kekurangan sel darah merah. Jika Anda setelah melakukan donor darah masih terasa lemas, Anda tidak perlu panik. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang dapat menambah darah, seperti : daging merah, daging unggas, sayuran hijau, dan kacang polong.

  1. Menurunkan Kolestrol

Donor darah juga bisa menurunkan kolestrol. Jadi, dengan melakukan donor darah Anda tidak perlu khawatir akan kolestrol dan lemak pada tubuh. Donor darah secara rutin juga bisa dijadikan sebagai diet secara tidak langsung. Namun, Anda perlu memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh setelah melakukan donor darah. Agar tubuh tidak merasa lemas dan tenaga akan pulih.

  1. Memperpanjang Usia

Manfaat lain dari donor darah adalah memperpanjang usia manusia. Karena hal ini juga menyangkut dengan psikologis. Karena hal ini didorong dengan sebuah kegiatan menolong atau berbuat baik kepada yang membutuhkan. Menurut suatu penelitian, sering berbuat baik kepada orang lain akan meningkatkan hormon baik pada tubuh kita dan menambah umur seseorang yaitu 4 tahun.

Demikian beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. Umumnya hal ini selain berguna untuk menolong kepada yang membutuhkan juga bermanfaat bagi segala aspek kehidupan terutama kecantikan dan terkait dengan psikologi. Semoga Bermanfaat.