Manfaat olahraga lari

Manfaat Sering Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Diposting pada

Manfaat Sering Jalan Kaki Bagi Kesehatan – Berjalan kaki merupakan hal yang sudah umum dilakukan. Namum beberapa orang pasti malas melakukan hal ini karena dirasa melelahkan dan ada cara lain yang lebih cepat. Padahal Berjalan kaki yang dilakukan selama 30 menit sehari sudah cukup untuk memberikan manfaat bagi tubuh. Tentu ini tidak merepotkan untuk orang-orang yang sibuk akan pekerjaanya.

Berjalan kaki bisa dilakukan disela-sela kesibukan setiap harinya. Kegiatan yang mudah untuk dilakukan ini dapat mengurangi tingkat stress seseorang, menurunkan berat badan dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa dipetik. Dengan berjalan kaki sistem metabolisme pada tubuh juga ikut lancar. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat sering berjalan kaki bagi kesehatan simak ulasan berikut ini.

Manfaat Sering Jalan Kaki Bagi Kesehatan

 Manfaat olahraga lari

  1. Menjadikan Jantung Lebih Kuat

Berjalan dapat melatih jantung untuk berdegup lebih cepat dari biasanya. Hal ini dapat memepercepat aliran darah pada tubuh sehingga melatih jantung juga sistem peredaran darah. Dengan berjalan kaki kadar LDL dapat menurun serta meningkatkan kadar LDH. Kadar LDL yang menurun dalam darah dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Berdasarkan Asosiasi Stroke tekanan darah tinggi penyebab stroke dapat dikontrol dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari untuk mengurangi resiko stroke sebanyak 27%.

 

  1. Mengurangi Resiko Terserang Penyakit

Dilansir dari British Medical Journal, berjalan kaki dapat mengurangi resiko akan timbulnya diabetes tipe II. Seperti yang diungkap oleh Walking for Health  berjalan kaki dapat menurukan 60% resiko terkena diabetes tipe II.  Tidak hanya diabetes, berjalan juga dapat mencegah terjadinya asma serta kanke. Karena dengan berjalan orang akan lebih aktif sehingga menjauhkan dari kanker. Kanker yang dapat terhindar seperti kaker usus besar, kanker payudara serta kanker rahim.

 

  1. Menjadikan Berat Badan Tetap Normal

Berjalan kaki akan memperlancar sistem metabolisme tubuh, dengan demikian kalori yang terbakar akan lebih banyak. Kalori yang terbakar setiap harinya akan tetap menjaga berat badan karena kalori masuk akan sama dengan kalori keluar. Untuk seseorang dengan berat badan 60 kilogram dapat membakar kalori sebanyak 150 kalori selama 30 menit dengan berjalan kaki secepat 6mph. Hal itu akan mempermudah bagi orang yang menginginkan berat badannya tetap ideal.

  1. Mencegah Terjadnya Dimensia

Dimensia umumnya terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun dengan perbandingan 1 : 14 dari total keseluruhan. Serta terjadi pada orang berusia di atas 80 tahun dengan perbandingan 1 : 6 dari total keseluruhan. Namun, dimensia dapat diatasi dengan berjalan kaki. Sesuai dengan yang dilansir oleh Age UK, seorang berusia lanjut yang berjalan kaki sejauh 6 mil atau lebih dapat mengurangi resiko dimensia atau pikun sebesar 40%. Hal itu terjadi karena berjalan dapat mencegah penyusutan otak dan mengembalikan memori yang dulu.

  1. Menjadi Berenergi

 

Meningkatnya suplai oksigen dan sirkulasi oksigen menuju setiap sel yang dikarenakan oleh berjalan kaki, dapat memberikan energi kepada tubuh. Persendian yang terasa kaku juga dapat diredakan dengan dengan berjalan kaki, sehingga jika persendian terasa nyeri pilihan yang terbaik yaitu dengan berjalan kaki bukan dengan terus menerus mengistirahatkan kaki. Jalan kaki dapat dijadikan juga sebagai solusi ketika bosan agar tercipta sebuah inspirasi.

 

Deimikanlah ulasan mengenai manfaat sering jalan kaki bagi kesehatan. Nampak jelas manfaat-manfaat dari berjalan kaki, maka jangan malas untuk berjalan kaki walau hanya sebentar.